Selasa, 01 Februari 2011

Headline Misi Luar Angkasa 2011 by "sekolah internet"

Nasa's Glory Satellite

Ilmu pengetahuan dan teknologi memang tiada matinya. Jujur saya sendiri tidak mampu jika harus mengupdate ilmu tentang beberapa teknologi terbaru, karena memang sangat cepat perkembangannya. Lihat saja perkembangan telekomunikasi berupa handphone, gadget, software, dll. Dalam waktu singkat yang sebelumnya spek yang ditawarkan baru berkapasitas sekian kini sudah berlipat ganda dari sebelumnya. Daripada bahas Crop Cricle yang cuma pengalihan perhatian kasus-kasus negeri ini mending bahas yang lain.

Kali ini saya akan berbagi info tentang dunia luar angkasa, dimana pada tahun ini akan ada beberapa isu yang hangat diperbincangkan. Tentu berita ini datang dari NASA (National Aeronautics Space Administration). Ada 11 Misi Luar Angkasa yang akan menjadi headline tahun ini.

1. A JAUNT TOWARD JUPITER

Perjalanan ke Jupiter

NASA akan mengorbitkan NASA Juno ke planet Jupiter yang diperkirakan akan sampai di Jupiter lima tahun kemudian yaitu tahun 2016. NASA Juno ini diharapkan dapat meneliti tentang Jupiter secara lebih jelas baik besarnya, strukturnya, dan proses pembentukannya. Kira-kira temen-temen mau ikut plesir kesana gak? hehe..

2. GOING FOR GLORY

Nasa's Glory Satellite

Nasa's Glory Satellite

Misi penting lainnya yaitu menyelesaikan ketidakpastian besar dunia tentang perubahan iklim. Tau sendiri kan ilmu tentang iklim-iklim dunia yang kita dapet di bangku sekolah sekarang sudah meleset total. NASA akan mengorbitkan Nasa’s Glory Satelit yang akan menentukan secara presisi energi keluaran matahari selama lebih dari 30 tahun kedepan. Dan juga SATELIT GLORY ini mampu melacak setiap perubahan-perubahan kecil dari radiasi sinar matahari. Glory ini juga diharapkan mampu meneliti bagaiamana aerosol, partikel-partikel yang mengambang di atmosfer yang menyerap dan memantulkan energi akan berpengaruh pada stok energi di Bumi. Dengan informasi dari Glory ini diharapkan kita bisa memprediksi secara akurat bagaimana nasib pemanasan global di planet kita ini. hmmm…. makin panas aja nih bumi… makin sesak pula….

3. THE MARS NEXT-GEN ROVER

THE MARS NEXT-GEN ROVER

THE MARS NEXT-GEN ROVER

Tahun baru ini juga akan melepas landas Mars Rovers yang terbesar, terberat, dan penuh dengan peralatan-peralatan dari pada sebelumnya. Mars Science Laboratory, atau dikenal sebagai Curiosity, akan bertindak sebagai ahli geologi yang akan mengambil sampel batuan dan melakukan analisis kimia on-board di Mars. Tujuan rover’s adalah untuk mengetahui apakah Mars ramah bagi kehidupan mikroba. Keren banget tuh roversnya.

4. DESTINATION: ASTEROID BELT

DESTINATION: ASTEROID BELT

DESTINATION: ASTEROID BELT

Asteroid Belt adalah sabuk asteroid yang memotong antara orbit Mars dan Jupiter. Bulan Juli akan menandai akhir perjalanan Dawn selama empat tahun disana. Dawn akan menyelidiki es planet kecil Ceres dan asteroid 4 Vesta yang berbatu untuk membantu peneliti agar lebih memahami kondisi selama pembentukan asli dari tata surya. Gambar Hubble dari Ceres adalah salah satu yang terbaik yang dimiliki NASA, sehingga temen-temen dapat melihat mengapa peneliti ingin melihat lebih dekat lagi.

5. WHEN ONE COMET MISSION ISN’T ENOUGH

WHEN ONE COMET MISSION ISN'T ENOUGH

WHEN ONE COMET MISSION ISN'T ENOUGH

Tahun ini nasa juga akan meningkatkan penelitian tentang komet.

6. MERCURY: GET READY FOR YOUR CLOSE-UP

MERCURY: GET READY FOR YOUR CLOSE-UP

MERCURY: GET READY FOR YOUR CLOSE-UP

Karena mercury kecil, padat, panas dan jarang diselidiki. Maka tahun ini mercury akan mulai diselidiki di setiap planet yang sudah diinvestigasi selama satu tahun.

7. STARING AT THE SUN

STARING AT THE SUN

STARING AT THE SUN

Sebuah satelit tidak harus merek baru untuk dapat menentukan antara yang terbaik dan tercerdas di tahun ini. Bahkan sangat sulit untuk menentukan misi terbaik dari Solar Dynamics Observatory. SDO membantu kita untuk memahami badai magnetik yang ada di matahari. Pernah denger kan isu badai matahari? SDO menyediakan alat yang dapat melihat dengan dekat bintik matahari, serta letusan besar pada matahari sehingga akhir-akhir ini muncul isu-isu tentang badai matahari yang menimbulkan kiamat akhir zaman. Para peneliti berharap untuk membuka rahasia siklus aktivitas 11 tahunan matahari, dan memilah petunjuk yang mungkin memberikan peringatan lanjutan dari aktivitas matahari seperti flare dan coronal mass ejections.

8. THE QUEST FOR AN EARTH-LIKE WORLD

THE QUEST FOR AN EARTH-LIKE WORLD

THE QUEST FOR AN EARTH-LIKE WORLD

Misi lain adalah teleskop Kepler, yang sibuk berburu Earth-sized exoplanets (planet di luar tata surya kita). Kepler mencoba untuk menemukan planet jauh dengan melihat cahaya bintang sebagai planet yang lewat di depannya, dan telah sukses sejak pertama kali diaktifkan pada April 2009. Peneliti Kepler telah mengumumkan penemuan delapan exoplanets dan telah mengidentifikasi lebih dari 700 calon. Tapi Juni lalu para ilmuwan Kepler menyatakan bahwa mereka tidak akan merilis informasi mengenai calon planet yang paling menarik sampai mereka benar-benar dipastikan keberadaannya. Tanggal mereka mengumumkan untuk data-data tersebut sekitar : Februari 2011.

9. ENTERING THE COMMERCIAL SPACE AGE

ENTERING THE COMMERCIAL SPACE AGE

ENTERING THE COMMERCIAL SPACE AGE

Setelah membuat berita utama pada bulan Desember dengan sukses peluncuran uji kapsul Dragon nya, SpaceX dapat bercerita tentang ruang terbesar tahun 2011 – melanjutkan penerbangan antariksa rahasia. Tahun ini akan menyelesaikan pengujian kapsul Dragon, yang dimaksudkan untuk membawa kargo atau kru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan Falcon besar 9 roket. Misi pertama untuk mengirimkan CASSIOPE, penelitian dan satelit komunikasi, ke orbit. Sebentar lagi, Falcon 9/Dragon combo akan mulai menjalankan misi pengiriman suplai ke Stasiun Antariksa Internasional.

10. SPACE FOR TOURISTS

SPACE FOR TOURISTS

SPACE FOR TOURISTS

Ini nih, wisata paling menarik di planet ini. Virgin Galactic’s suborbital pesawat ruang angkasa untuk wisatawan akan segera hadir. Perusahaan induk yang menangani adalah WhiteKnightTwo, diharapkan dapat menyelesaikan pengujian selama setahun. Paket dua kendaraan akan lepas landas dari landasan di Spaceport Amerika dan mendaki ke ketinggian sekitar 50.000 kaki. Induk kemudian akan melepaskan SpaceShipTwo, dan mesin kapal akan melepaskannya untuk mengirimkan throttling ke ruang angkasa. Urutan peluncuran mengingatkan pada X 15, pesawat bersayap pertama untuk mencapai penerbangan sub-orbital.

Tiketnya $ 200.000, busyett dahh. Virgin Galactic menolak untuk menetapkan tanggal kapan hal itu akan mulai terbang, namun ada juga yang berharap untuk melihat penerbangan mulai sejak akhir tahun 2011. Mau ikut gan?? hehe

11. SPACE SHUTTLE, GOODNIGHT

SPACE SHUTTLE, GOODNIGHT

SPACE SHUTTLE, GOODNIGHT

Tahun ini kita akan melihat pensiunnya SPACE SHUTTLE. Shuttle Endeavour dijadwalkan lepas landas dari Kennedy Space Center pada tanggal 1 April untuk misi resmi akhir program, STS-134. Bahkan jika NASA memutuskan untuk menambah satu lagi penerbangan – STS-135, yang saat ini terjebak dalam limbo fiskal – 2011 akan tutup dari 30 tahun program Shuttle, yang dimulai dengan STS-1 dan lepas landas pesawat ruang Columbia pada bulan April 12, 1981.

0 komentar:

Posting Komentar

KREARIFINDO Creative Solution

PhotobucketPhotobucket Photobucket
INILAH SEBAGIAN BISNIS ONLINE YANG SAYA KEMBANGKAN, BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN : DESAIN GRAFIS, DESAIN PRESENTASI, DESAIN KREATIF, DESAIN MULTIMEDIA, DLL. ATAU TRAINING MULTIMEDIA PRESENTASI, WORKSHOP PEMBUATAN BLOG KONTAK SAYA DI :
085880878417 atau YM : arif_jic@yahoo.co.id

DOWNLOAD MATERI

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

 
Design by Gerai Blog | Support Design by Desaingratis - Group Design | GERAI BLOG