Sabtu, 19 Februari 2011

Google Buat Hasil Pencarian Kian Social

Google telah meningkatkan kemampuan algoritma Social Search-nya agar lebih sering menyertakan hasil pencarian dari koneksi jaringan sosial.

Dilansir PC World dan dikutip detikINET, Jumat (18/2/2011), pada Oktober 2009, Google mulai mengindeks tautan dan koneksi jejaring sosial sebagai bagian dari program uji cobanya.

Selanjutnya pada Januari 2010, Google menghadirkan fitur Social Search. Fitur ini membantu penggunanya menemukan konten yang paling relevan dari koneksi jejaring sosial.

Contohnya, saat mencari ulasan sebuah film, Social Search akan menampilkan hasil pencarian ulasan film dari kenalan Anda di jejaring sosial yang akan memberikan penilaian lebih baik soal film tersebut.

Kini, seperti dikatakan Product Manager Google Matthew Kulick dalam blog Google, peningkatan kemampuan Social Search memungkinkan pengguna mendapatkan lebih banyak informasi dari orang-orang yang terhubung dengan pengguna.

"Apapun yang mereka publikasikan di YouTube, Flickr, blog atau website mereka, akan dimunculkan sebagai hasil pencarian yang sesuai dengan kebutuhan Anda," terangnya.

Kulick mencontohkan, saat Anda melakukan pencarian soal gunung Kilimanjaro dan salah seorang teman memposting tulisan soal pengalamannya mendaki gunung Kilimanjaro, Google Social Search akan menghadirkan postingan tersebut untuk Anda.

Fitur ini tersedia hanya jika pengguna melakukan pencarian sambil log-in ke akun Google. Namun untuk saat ini perubahan Social Search baru diaplikasikan di Google versi bahasa Inggris, Google.com.

Kamis, 17 Februari 2011

Jet Li Ikut Mengembangkan Microblogging by "Sekolah Internet"

1297767124165766589

Jet Li (Courtesy: asianoffbeat.com)

Banyak orang menganggap Cina sebagai tempat yang samasekali ‘tidak-ramah-internet’. Itu Dulu. Saat ini, bukan hanya internet yang berkembang, laporan terakhir mengatakan, setidaknya 125.2 juta orang di Cina, menggunakan layanan microblogging.

Kepolisian Cina pun tak ketinggalan, berpartisipasi di micro-blog mirip twitter sejak awal Januari 2011 ini, dalam satu bulan berhasil mengumpulkan ratusan ribu anggota.

Bertepatan dengan hari kasih sayang (valentine’s day) kemarin 14/02/2011, aktor laga kebanggan masyarakat Cina, Jet Li berkenan memberikan bantuan dana untuk mengembangkan sebuah micro-blog yang khusus membantu anak jalanan di Cina.

Jet Li (Courtesy: asianoffbeat.com)

Penataan Ulang Internet Di Cina

Menurut laporan terakhir dari people.com.cn (berbahasa Inggris), ada sekitar 450 juta (sepertiga dari jumlah penduduk) di Cina pengakses internet per November 2010. Di Beijing saja ada 11.6 juta pengguna. Peluang bisnis untuk pemain lokal maupun internasional sangat besar.

Rupanya, pemerintah Cina mengantisipasi pertumbuhan animo masyarakatnya dengan sangat baik, yaitu dengan memberi peluang sebesar-besarnya kepada pebisnis lokal untuk mengambil alih pasar dalam negeri.

Caranya? Di tahun 2008, pemerintah Cina menutup semua akses internet yang dioperasikan oleh penyedia swasta. Tujuannya jelas, memberi kesempatan pada developer lokal [Cina] untuk berbenah—menyiapkan jaringan dan aplikasi yang mampu bersaing dengan developer dan penyedia jasa layanan internet luar. Atau seidaknya, bisa memaksa pemain luar untuk bekerjasama dengan pemain lokal.

Hasilnya? Sangat ampuh. Akhir Desember 2010 lalu, pemerintah Cina resmi melarang pengguna VoIP, Skype. Dan itu memaksa pihak Skype.com bekerjasama dengan Tom [skype-nya orang Cina] yang baru saja diluncurkan, sehingga sejak saat itu setiap akses ke skype.com dialihkan ke skype.tom.com.

12977655341088984849

Courtesy: Skype.tom.com

Sebelumnya (2009), PayPal juga berhasil dipaksa bekerjasama dengan penyelenggara di Chongqing untuk clearing transaksi e-commerce dengan penghasilan tak kurang dari $151 milyar untuk tahun 2010.

Bukan hanya itu gebrakan pemerintah Cina untuk mengatur ulang tata kelola internet di daratan yang dijuluki negeri tirai bambu ini. Pemerintah Cina bahkan telah membuat proses registrasi pernikahan secara online, dan menampilkan data base orang yang sudah menikah juga secara online. Cara ini diharapkan dapat menekan angka poligami—seseorang bisa mengguat pasangannya yang hendak menikah lagi, dengan menggunakan data base online sebagai rujukan.

Di microblogging, Cina juga mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Mengikuti langkah sukses Renren yang diselenggarakan oleh pihak swasta, pemerintah Cina pun tidak mau ketinggalan.

Twitter-nya Polisi Cina: Menyampaikan Keprihatinan Dalam 140 Karakter

Ya. Awal Januari 2011, Xinhua merislis berita tentang partisipasi kepolisian cina di dunia micro-blog “Fanfou” dikelola oleh pemerintah Cina untuk membangun komunikasi yang lebih terbuka antara masyarakat dengan kepolisian Cina yang selama ini sering dikeluhkan bertindak diluar perikemanusiaan.

12977673051824135375

Menyampaikan Keprihatinan Dalam 140 karakter ala kepolisian Cina (screenshot oleh: Gusti)

Kita perlu memperbaiki citra kepolisian sekaligus memberi kesempatan kepada masayarakat untuk ikut mengawasi kinerja polisi”, kata Liu Bo (seorang manajer micro-blog di provinsi Guangdong) seperti dikutip oleh Xinhua.

Hanya dalam waktu satu bulan, fanfou yang berslogan “Beijing yang aman” berhasil menjaring lebih dari 330,000 anggota.

Kami menggunakan media micro-blog untuk: menangani situasi darurat, menampung keluhan masyarakat, dan memberikan peringatan dini agar masyarakat waspada terhadap potensi kejahatan dengan modus terkini” ucap Zhao Feng (manajer akun Fanfou.)

Kami harus mampu menggunakan micro-blog untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengan masyarakat, untuk mendengarkan kritik, sebagai masukan agar bisa melayani masyarakat dengan lebih baik”, menteri Keamanan Publik, Meng Jianzhu menjelaskan kepada Xinhua.

Bagaimana dengan kepolisian RI? Berani ber-micro-blog?

Jet Li Menyediakan Bantuan Dana Untuk Micro-blog

Masyarakat Cina baru saja disuguhi bagimana gesitnya kepolisian Cina dalam menghadapi kriminalitas pekan-pekan kemarin—termasuk kejahatan di dunia internet dan perdagangan manusia (human trafficking).

Sebuah micro-blog “Photo Jalanan Untuk Menyelamatkan Anak Jalanan” telah berhasil mempertemukan banyak anak-malang (jalanan) dengan orang tuanya dengan cara menghimbau masyarakat agar mmengambil photo setiap anak jalanan yang mereka temui lalu mempostingnya di micro-blog tersebut, tentunya dengan disertai keterangan.

12977666671180341809

Sumber gambar: wantchinatimes.com

Bertepatan dengan hari kasih sayang (valentine’s day) kemarin 14/02/2011. aktor laga Jet Li memberikan bantuan dana untuk mengembangkan situs micro-blog tersebut.

Kami tidak pernah menyangka micro-blog ini akan menjadi alat kampanye yang berpengaruh. Sekarang kami yakin akan keampuhan micro-blog di masayarakt moderen, dan kami berencana akan terus mengembangkannya untuk skala yang lebih besar”, ucap pendiri micro-blog ini, Yu Jianrong, yang ternyata seorang aktifis dan professor dari Rural Development Institute of the China Academy of Social Sciences.

Berkolaborasi dengan One Foundation, Yu Jianrong berencana untuk tidak hanya sekedar mempertemukan anak jalanan dengan orang tuanya, melainkan juga menyediakan santunan dana agar mereka bisa bersekolah.

Melihat respon positif aktor laga Jet Li, membuat Yu dan mitranya semakin bersemangat untuk mengundang pemerintah Cina, aktifis, kaum jetset dan orang berduit lainnya untuk ikut serta mengembangkan micro-blog ini.

Micro-blog milik Yu Jianrong yang kini memiliki 218,000 member dengan 3,000 photo anak jalanan, memperoleh dukungan penuh dari micro-blog Fanfou milik kepolisian Cina. Setiap photo yang di posting di micro-blog-nya Yu langsung ditibdaklanjuti oleh kepolisian, bahkan melalui Fanfou (micro-blog polisi) tak segan-segan membagikan photo-photo micro-blog Yu kepada semua member dengan disertai kalimat “photo-photo ini banyak membantu kepolisian menyelamatkan anak-anak jalanan.”

Ada dua pelajaran yang bisa kita petik dari sini:

Pertama, kiranya pemerintah dan para pemilik modal di Indonesia perlu mencontoh apa yang dilakukan oleh pemerintah cina dalam memberdayakan pelaku bisnis internet lokal—termasuk micro-blog yang bermuatan lokal.

Kedua, sudah saatnya POLRI menggunakan teknologi microblogging untuk membangun komunikasi yang lebih terbuka dengan masyarakat yang jumlahnya tidak terpaut jauh dari penduduk Cina. Jika kepolisian Cina bisa, mengapa POLRI tidak bisa? Saya yakin pasti bisa, asalkan ada kemauan.

Semoga.


http://media.kompasiana.com/new-media/2011/02/15/jet-li-ikut-mengembangkan-microblogging-di-cina-polri-perlu-belajar/

TO BE NO TO HAVE, BILL GATES MENGAGUMINYA,BELAJAR DARI KHAN by "Sekolah Internet"

Kali ini Sekolnet (Sekolah Internet) akan menampilkan sosok yang sangat mengagumkan di dunia. Bahkan manusia sekelas Bill Gates menaruh perhatian dan kekagumannya. Di ruang prestasi sekolah internet, berusaha memberikan informasi yang dapat menggerakkan dan membangkitkan semangat kita untuk melakukan kebaikan yang lebih besar. Karena kita akan belajar dari manusia biasa, seperti kita, yang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap semesta alam ini. Sosok yang akan kita timba ilmunya adalah :
Salman Khan, putra imigran asal Bangladesh-India, lulusan Harvard (MBA) dan MIT (listrik dan matematika). Dia meninggalkan dunia gemerlap sebagai manajer investasi lalu beralih menjadi guru yang mendidik jutaan orang lewat video Internet. Khan akhirnya benar-benar hidup untuk akademinya setelah mendapat pesangon US$ 1 juta (Rp 9 miliar). Uang itu dia sebut Khan Capital, yang digunakan untuk membiayai hidupnya dengan investasi. Khan berkukuh tak mau mengkomersialkan situsnya. Saya sudah punya dua mobil Honda, istri yang cantik dan anak yang hebat, serta rumah, katanya. Kalimat seperti ini , tentu tidak akan bisa mengalir dari lisan manusia yang hanya mementingkan diri sendiri, apalagi dari manusia yang tidak pernah tercukupi oleh kenikmatan dunia.
Salman Khan (Sal Khan) bisa memasukkan nama Bill Gates sebagai salah satu penggemarnya. Serius, ini Bill Gates orang terkaya di dunia. Khan bukan jawara Lembah Silikon, seperti Mark Zuckerberg yang menemukan Facebook atau Andy Rubin yang membuat Google bangkit dengan Android. Khan cuma seorang guru. Khan menghabiskan waktunya di sebuah bekas toilet mini yang ia sulap menjadi studio rekaman sekaligus perpustakaan. Ruangan berukuran 1,5 x 2 meter itu adalah think thank yang dia sebut: bgC3. Di ruang sesak inilah Khan menghabiskan waktunya bersama dua komputer, headphone di telinga, kaus tidur dan piyama, menunggu siang sambil membaca buku atau membuat video.
Orang ini luar biasa, kata Gates dalam surelnya. Dia mengerjakan banyak hal dengan sumber daya yang amat terbatas. Mengapa Khan begitu dikagumi Bill Gates? Gates dan anak laki-lakinya yang berumur 11 tahun, Rory, terpana oleh video-video pendidikan bikinan Khan, dari video aljabar sampai biologi. Yang membuat kagum Gates adalah sosok Khan yang meninggalkan dunia gemerlap sebagai manajer investasi beralih menjadi guru yang mendidik jutaan orang lewat video In. Di kontrakannya yang sempit di Lembah Silikon itulah guru digital ini membikin tutorial video. Hebatnya, semua itu dikerjakannya sendiri, mulai dari menyusun materi, memvideokan, hingga menjadi guru sekaligus. Khan sebenarnya adalah lulusan MBA (master business of administration) Universitas Harvard. Dulu dia manajer keuangan. Tapi hidupnya kini dia serahkan ke dunia pendidikan, yang dia sebut Khan Academy
Di Khan Academy itu, dia adalah satu-satunya guru. Dia bisa mengajar apa saja, dari kalkulus, trigonometri, kimia, fisika, biologi, sampai tentang perang Napoleon, dan pelajaran ekonomi dari pabrik cupcake. Sejauh ini, dari bekas toilet itu, dia telah menciptakan 1.630 tutorial dan ditonton oleh 70 ribu orang per hari. Angka itu nyaris dua kali lipat jumlah mahasiswa Harvard plus Universitas Sanford. Jumlah pengunjung tertinggi mencapai 200 ribu orang,kata Khan. Sebuah kesungguhan dan ketulusan yang membuat banyak orang iri, termasuk Bill Gates.

Keindahan dari pengajaran Khan adalah konsistensi dia, ujar Gates.

Seperti entrepreneur hebat lainnya, Khan terjun di dunia pendidikan tanpa sengaja. Dia lahir dan besar di New Orleans. Khan putra imigran berdarah Bangladesh dan India. Di bangku kuliah, Khan adalah bintang. Dia punya tiga gelar dari universitas ternama di Amerika Serikat: MBA dari Harvard, bachelor of science bidang matematika dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), serta bachelor dan master dari MIT untuk bidang kelistrikan. Dia sempat menjadi presiden kelas di MIT.

Khan jatuh cinta kepada kegiatan mengajar setelah ia menjadi guru sukarelawan untuk anak-anak Brookline. Ini adalah anak-anak yang mengalami sindrom attention deficit disorder, yang kesulitan memusatkan fokus perhatian. Dia juga tersentuh ketika keponakannya, yang kelas VII, bertanya soal konversi berat dalam kilogram. Khan pun mulai membuat tutorial dengan menggunakan teknologi yang sederhana. Ia hanya menggunakan s oftware Yahoo Doodle dan Microsoft Paint berteknologi rendah untuk membuat sketsa, dengan latar belakang hitam dan garis-garis berwarna cerah dan persamaan ketika ia bekerja melalui penjelasannya. Video pertama yang ia buat adalah pelajaran mengonversi gram untuk kilogram yang awalnya hanya ditujukan bagi sepupunya itu. Sejak itulah kecanduan mengajar di sekolah online dimulai.




Khan mulai membuat tutorial dengan menulis program JavaScript sendiri. Dia bekerja di sela-sela waktu istirahatnya sebagai manajer investasi, di antara waktu main bola. Lalu dia rekam dalam bentuk video dan diunggah ke YouTube. Tak ada sekat suku bangsa, ruang, apalagi teritorial. Baik yang ada di ujung Samudra Atlantik hingga pedalaman Hutan Amazon, semua diajari Salman Khan lewat sekolah dunia maya miliknya secara cuma-cuma.
Bagi sebagian orang, matematika memang sudah seperti momok yang sulit dimengerti, apalagi dikuasai. Perasaan yang sama dialami pula oleh seorang bocah Korea berusia 11 tahun.
Tapi, siapa sangka pelajaran yang selalu membuatnya stres tersebut berbalik menjadi pelajaran favoritnya setelah ia membuka situs buatan SalmAn Khan,
Tidak hanya anak dari Korea, sepasang orang tua di California, AS, tampak tak kuasa meluapkan rasa senang atas kemajuan yang dilakukan anak mereka dalam pelajaran aljabar.

Saya tidak tahu siapa Anda. Tapi dalam pikiran saya, Anda adalah penyelamat. Anak-anak sayabenar-benar bersemangat dengan matematikanya. Terima kasih ucapnya di situs yang dikelola seorang pria yang baru menginjak usia 33 tahun.

Khan tak pernah miskin dengan kebaikan. Sebab, pengusaha-pengusaha Lembah Silikon pun membanjiri dia dengan donasi.

Negeri ini membutuhkan orang yang ikhlas berjuang untuk perubahan yang lebih baik. Jangan pernah menyandarkan kebutuhan kepada negara, apalagi kepada manusia. Siapapun yang ingin melakukan perubahan besar, mulailah bersungguh-sungguh memperbaiki kedzaloman dalam dirinya, karena kalau tidak dimulai dari dalam diri yang terjadi adalah kesengsaraan. Semua amal kita harus di dasari dari " To Be " bukan " To Have ",.....Action....lakukan sesuatu dan jangan terlalu berharap apa yang saya dapatkan... KALAU DIA BISA, SAYA JUGA BISA.

Selasa, 15 Februari 2011

BINCANG BERSAMA MENTRI PENDIDIKAN TENTANG SEKOLNET

Gagasan untuk mengembangkan SEKOLNET (Sekolah Internet) adalah sebuah gagasan luar biasa (Out of Box Thinking). Hal ini tidak lazim dalam pengembangan pendidikan formal. Karena ide tersebutlah yang akhirnya menghantarkan saya berbincang-bincang dengan Menteri Pendidikan RI Bapak DR. Ir. H. Muhammad Nuh, DEA. Banyak yang awalnya memandang sebelah mata, konsep pendidikan model sekolah internet, tapi setelah dijelaskan betapa pentingnya sekolah internet ini untuk mencegah kerusakan moral bangsa, akhirnya mendatangkan berkah tersendiri. Sekolah ini sudah dijalankan secara parsial (dalam bentuk workshop) dan akan di kembangkan dalam bentuk yang lebih komprehensif dan integratif. Sistem yang akan dikembangkan ada 2 model utama, yakni :

1. Pengembangan SEKOLNET (Sekolah Internet) berorientasi SOSIAL
2. Pengembangan SEKOLNET (Sekolah Internet) berorientasi PROFIT

Alasan mengembangkan SEKOLNET (Sekolah Internet) berbasis SOSIAL

Fenomena hari mengajarkan kepada saya untuk memulai menggerakkan Sumber Daya Manusia yang termarjinalkan dalam hal ini Anak Yatim dan Fakir Miskin. Selama ini, tanpa disadari oleh masyarakat, mereka telah menjadi korban pembentukan manusia yang tangannya selalu di bawah (atau mengharapkan belas kasihan orang lain). Tidak ada salahnya memang memberi, tapi kita semua harus mulai berfikir memberikan kail ketimbang ikan. Karenanya Sekolnet (Sekolah Internet) mengurai persoalan ini dengan mengambil pendekatan yang lebih konprehensif, masyarakat diajak keterlibatannya untuk berbagi menyisikan sebagian rezekinya tidak lagi berupa uang (ikan) tapi berupa paket pendidikan (kail). Program yang akan ditawarkan ke fakir miskin dan anak yatim adalah paket gratis. Pembiayaan melalui subsidi silang menjadi alternatif dalam mengembangkan sumber daya manusia, khususnya fakir miskin dan anak yatim. Harapannya masyarakat dapat merubah bentuk belas kasihan kepada mereka dengan memberikan bekal keilmuan (keterampilan), karena kalau semangat ini bisa ditularkan yang terjadi adalah perubahan mendasar pada diri setiap manusia yaitu lebih baik memberi daripada menerima.

Alasan mengembangkan SEKOLNET (Sekolah Internet) berbasis PROFIT

Menjadi entrepreneur (berwirausaha) adalah semangat yang harus dipompakan dalam jiwa setiap warga negara Indonesia, khususnya para pemuda yang memiliki semagat yang tinggi. Sebuah negara yang maju. Tentunya kita ketahui bersama, bahwa salah satu syarat utama kemajuan dan kemakmuran suatu bangsa terletak pada seberapa banyak masyarakatnya yang menjadi pengusaha ? semakin banyak prosentase pengusaha disuatu negara tentunya semakin maju dan makmur pula masyarakat dinegara tersebut, sebaliknya jika prosentase pengusahanya sangat sedikit maka faktanya dapat kita lihat bersama hampir seluruh dari warga masyarakat di negara tersebut akan menjadi pekerja dan buruh dari para entrepreneur asing yang hadir mengeksploitasi seluruh potensi sumber daya dan kekayaan bangsa. Itulah sebabnya hingga detik ini kondisi mayoritas bangsa ini jauh dari kemakmuran dan kesejahteraan.

Peran pengusaha dalam menentukan kemajuan suatu bangsa/negara telah dibuktikan oleh beberapa negara maju seperti amerika, jepang, plus tetangga terdekat kita yaitu singapura dan malaysia. Di amerika sampai saat ini sudah lebih dari 12 persen penduduknya menjadi entrepreneur, dalam setiap 11 detik lahir entrepreneur baru dan Data menunjukkan 1 dari 12 orang Amerika terlibat langsung dalam kegiatan entrepreneur. Itulah yang menjadikan amerika sebagai negara adi kuasa dan super power. Selanjutnya Jepang lebih dari 10 persen penduduknya sebagai wirausaha dan lebih dari 240 perusahaan jepang skala kecil, menengah dan besar bercokol dibumi kita ini. Padahal jepang mempunyai luas wilayah yang sangat kecil dan sumber daya alam yang kurang mendukung (kurang subur) namun dengan semangat dan jiwa entrepreneurshipnya menjadikan jepang sebagai negara terkaya di Asia.

Melihat kenyataan diatas, berbagai solusi wajib diambil baik oleh pemerintah maupun komponen masyarakat untuk menciptakan lahirnya entrepreneur-entrepreneur sukses yang diharapkan mampu mengangkat bangsa ini dari berbagai keterpurukan dan ketidakpastian.

Senin, 14 Februari 2011

BANGSA PALING BAHAGIA DI DUNIA by "Sekolah Internet"

INILAH DIA,

hasil survei terbaru yang lumayan menghebohkan baru-baru ini. Siapakah "Bangsa yang Paling Bahagia di Dunia"?

Apakah bangsa yang paling makmur? Paling kaya-raya di dunia?
Ternyata tidak juga. Amerika hanya ada di urutan 23. Banyak bangsa-bangsa terkaya, menurut survei ini justru ”tidak terlalu bahagia”. Berdasarkan data yang dikumpulkan Adrian White dari Universitas Leicester, dengan sumber-sumber yang ekstensif (UNESCO, CIA, the New Economics Foundation, WHO, etc), dan mencakup 80.000 responden di seluruh dunia, maka diperoleh hasil, bahwa bangsa paling bahagia di dunia adalah... DENMARK.

Dan dari sini juga dihasilkan peringkat global bangsa-bangsa, dari yang paling bahagia sampai yang paling tidak bahagia.

Inilah daftarnya ( 20 besar, ”Satisfaction With Life Index”) :
1. DENMARK
2. Swiss
3. Austria
4. Islandia
5. Bahama
6. Finlandia
7. Swedia
8. Bhutan
9. Brunei
10. Canada
11. Irlandia
12. Luxemburg
13. Kosta Rika
14. Malta
15. Belanda
16. Antigua
17. Malaysia
18. Selandia Baru
19. Norwegia
20. Seycheles

Dan yang lainnya :
23. Amerika
26. Australia
35. Jerman
41. Inggris
53. Singapura
64. INDONESIA
76. Thailand
82. China
90. Jepang
102. Korea Selatan
125. India

Dan 3 negara yang paling merana hidupnya adalah :
176. Kongo
177. Zimbabwe
178. Burundi.

INDONESIA, lumayan, berada di urutan tengah, dan lebih bahagia dibanding saudara-saudaranya sesama manusia di Thailand, China, Jepang, Korea, dan India. Padahal Jepang, Korea Selatan, dan China jelas-jelas jauh lebih kaya dan makmur dibanding kita.


Daftar lengkapnya.

Kebahagiaan disini diukur dari kepuasaan subyektif masyarakatnya pada Tingkat Kesehatan (dan juga akses kesehatan murah), Kekayaan Relatif, dan Akses Ke Pendidikan. Bangsa yang sehat dan ongkos kesehatannya terjangkau, memiliki kekayaan yang ”cukup”, dan tingkat pendidikannya cukup baik katanya akan relatif lebih bahagia.

Tapi faktor yang juga penting disini adalah tingkat Pengharapan, atau Ekspektasi terhadap hidup. Semakin rendah ekspektasi masyarakatnya, makin mudah dia bersyukur dan berbahagia. Sedang makin tinggi ekspektasi seseorang, makin banyak Keinginannya, makin sulit dia merasa puas, dan bahagia.

DAN KENAPA DENMARK PALING BAHAGIA?


Berdasarkan penelitian, orang-orang Denmark sangat bahagia karena mereka selalu merasa hidup mereka cukup. Contentment. Mereka tidak sekaya orang Amerika atau Jepang, tidak punya mobil atau rumah super mewah, tapi mereka bersyukur dengan hidup mereka.

Mereka kemana-mana juga lebih suka jalan kaki atau naik sepeda, karena lebih menyenangkan, santai, dan udaranya juga segar. Dan mereka tidak usah pusing soal banyak hal, dari mobil yang mesti bagus, pembayarannya, perawatannya, bensinnya, atau macet di jalan. Naik sepeda memang menyenangkan.


Mereka tentu juga ingin hidup lebih baik, sukses, materi, tapi tidak merasa perlu sampai ”diperbudak kesuksesan”. Sukses itu penting, tapi menikmati hidup, keluarga, dan teman adalah nilai hidup yang utama, dan sukses tidak perlu mengganggu hal itu.

Pendidikan disana juga gratis. Begitu juga dengan biaya kesehatan, dan Jaminan penuh untuk Hari tua. 3 hal yang mungkin terpenting dalam hidup, dan mereka menikmatinya dengan gratis berkat pemerintahan yang baik.

Masyarakat Denmark ternyata juga cenderung punya harapan yang rendah, low expectation. Mereka berusaha, tapi tidak pernah berharap macam-macam. Ini membuat tiap kesuksesan kecil saja sudah membuat mereka begitu bahagia. Dan bila gagal, mereka lebih gampang menerimanya, dan mereka bisa langsung mulai berusaha lagi. Begitu saja.

Dan bangsa-bangsa lain yang "tidak bahagia", termasuk banyak negara terkaya di dunia, adalah yang orang-orangnya cenderung tidak pernah puas. Mereka terdikte keinginan dan ambisi-ambisinya. Amerika contohnya punya ”The American Dream”.

Masalahnya, dan ironi terbesarnya adalah, kalau anda sampai begitu bernafsunya mengejar kebahagiaan (dan kebahagiaan yang lebih besar), anda justru akan terjebak. Terjebak “dalam pertempuran merebut kebahagiaan yang tidak pernah berakhir”, dan anda justru tidak akan pernah merasakan kebahagiaan itu..

Dan ini terbukti secara saintifik.


“Happiness is as a butterfly which, when pursued, is always beyond our grasp. But which if you will sit down quietly, may alight upon you”
Nathaniel Hawthorne



DAN KEBAHAGIAAN ADALAH…

Dan itulah bangsa paling bahagia di dunia. Denmark. Sebuah bangsa dengan masyarakat yang :

1. Bersyukur, Bersyukur, Bersyukur.

2. Punya impian dan keinginan yang realistik (relatif sesuai kemampuan mereka).

3. Ngga perlu membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

4. Memiliki jaminan hidup yang cukup baik dari pemerintah.

Bersyukur, bukan hal baru tentu, tapi bagaimana kita sekarang menanamkan ini dalam diri kita secara efektif, sebagai pribadi, dan sebagai sebuah bangsa.


http://imperiumindonesia.blogspot.com

Tips Menciptakan Anak Kreatif by "Sekolah Internet"

Tidak salah bila ada pepatah yang mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari puhonnya, atau Air Cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan jua, Anak mewarisi segala sesuatu yang dimiliki oleh orang tuannya. Baik buruknya anak tergantung dari cara mendidik orang tua karena lingkungan yang paling dekat dengan anak adalah Keluarga (ada unsur Orang Tua) dan Anak paling sering berinteraksi dengan lingkungan ini sehingga mental,sifat dan karakter anak paling banyak terbentuk dari lingkunagn keluarga!

Menjadi orangtua memang tak ada sekolahnya bahkan tak ada mata pelajaran yang mengajarkan bagaimana cara menjadi orang tua yang baik. Belajar dari pakar bisa menjadi cara agar orangtua lebih tepat mengasuh anak. Dimulai dari pengamatan belajar untuk mengetahui tumbuh kembang anak, dan memahami prinsip positive parenting(Mengasuh secara positif). Dengan begitu orangtua lebih mampu mendukung stimulasi positif untuk anak dan mengatasi berbagai kendala dalam masa tumbuh kembang anak.

Apa sebenarnya hasil yang bisa dicapai orangtua dengan memahami ilmu parenting? Dukungan yang tepat dari orangtua membantu tumbuh kembang anak lebih optimal dalam ranah fisik-motorik, psikososial/kepribadian, kemampuan bahasa, berpikir, kecerdasan, dan kreativitas.

Play Terapist dan psikolog Lembaga Psikologi Terapan UI, Dra Mayke S. Tedjasaputra, MSI, mengatakan, anak akan memiliki kemampuan berpikir jernih, kritis, berbicara dengan bahasa terstruktur dan kreatif jika didukung dengan pengasuhan yang tepat dari orangtuanya.

“Kemampuan ini sering dilupakan sistem pendidikan,” kata Mayke, saat peluncuran rumah edukasi parenting beberapa waktu lalu.

Bagaimana menjadi orangtua yang positif?

1. Percaya diri dan tumbuhkan kepercayaan kepada anak
Mayke menjelaskan orangtua perlu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung anak untuk bereksplorasi. Karena dengan mendapatkan kedua hal ini, anak bisa mengawali langkahnya bereksplorasi.Ingat memberikan kebebasan untuk anak bereksplorsi sama saja dengan merangsang dan memberikan kebebasan anak untuk bersikap kreatif

Caranya, orangtua perlu percaya diri sehingga tidak mudah khawatir atau cemas dengan apa yang dilakukan anak. Lalu berikan juga kepercayaan dan kesempatan kepada anak untuk mencoba hal baru serta rangsanglah anak untuk menciptakan sesuatu yang baru yang bisa merangsang kreatifitas mereka.

“Orangtua yang takut anaknya sakit lalu membatasi aktivitasnya justru membuat anak tidak berkembang dan pemikiran akan terkekang sehingga ide kreatif yang kadang-kadang muncul dipikiran anak terpendan dan akhirnya akan hilang. Orangtua perlu memberikan tempat bermain yang aman dan nyaman agar anak bisa tumbuh optimal dalam lingkungan fisik dan psikososialnya,” lanjutnya.

2. Menyisihkan waktu bersama (Adakan kebiasaan untuk berkumpul bersama)
Hubungan yang sehat dan lekat dengan anak perlu dibangun dan diupayakan oleh orangtua. Bagaimanapun perhatian dan dukungan positif dari Anda memberikan rasa percaya diri kepada anak.

Caranya, cari dan ciptakan waktu untuk melakukan kegiatan bersama dan berkomunikasi dengan anak. Dengan cara ini anak merasa dicintai. Kepercayaan dirinya tumbuh optimal dengan waktu khusus yang diberikan orangtuanya untuk membangun hubungan.
berikanlah masukan-masukan positif, pendapat dan ajarkan rasa tanggung jawab terhadap anak, ajak anak untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kecil dan hargai pendapat mereka contoh…..Ayah lihat kok kamar mandi kita kotor dan bau ya? kalau menurut adi gimana?perlu dibagi tugas donk?adi punya pendapat lain?

3. Jadilah teladan
Salah satu tugas orangtua adalah menanamkan nilai positif secara konsisten dengan melakukan hal-hal yang mudah di ingat dan dilihat!Jangan sekali-kali konsistensi tersebut kita langgar dengan alasan yang mengada-ada di depan anak. Anak akan tumbuh dengan memahami makna tanggungjawab jika orangtua menjalankan tugas penanaman nilai dengan tepat.

Caranya, berikan contoh dan teladan yang baik bagi anak, berikan rambu tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dan yang terpenting konsistensi intra dan inter individual.

“Jika orangtua bangun pagi dengan bermalas-malasan, anak akan mencontoh. Maka, jadilah teladan yang baik,” kata Mayke.

Sedangkan untuk tetap konsisten, pastikan ayah maupun ibunya tidak dipengaruhi emosi dalam memberikan rambu kepada anak. Jangan membuat anak bingung dengan sikap berbeda dari ayah dan atau ibunya, maupun inkonsistensi keduanya dalam menjalankan pengasuhan. Anak akan menjadi bingung dan was-was, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak.

4. Memahami anak
Anak akan tumbuh optimal jika mendapatkan pemahaman dan stimulasi yang sesuai dari orangtuanya. Karenanya orangtua perlu mengenali kelebihan dan kekurangan anak.

“Jangan menekan anak untuk diam, misalnya. Anak tiga tahun bisa duduk diam itu sudah luar biasa, tetapi jangan memaksanya,” kata Mayke.

Stimulasi berupa pujian juga boleh diberikan, tetapi jangan berlebihan. Ungkapkan rasa bangga saat anak Anda berhasil menghabiskan makanannya atau saat mendapatkan prestasi di sekolahnya. Namun jangan berhenti di situ, anak pun memerlukan dukungan saat ia gagal atau bahkan ragu ketika melakukan sesuatu. Dorongan dan dukungan positif dari orangtua membantu perkembangan anak.

5. Mampu mengatasi stres
Kunci sukses positif parenting adalah juga kemampuan orangtua mengatasi stres atau tekanan. Kemampuan mengatasi stres akan mempengaruhi komunikasi dengan si kecil, menjadi lebih positif. Sebisa mungkin stress yang kita alami jangan dibawa pada lingkungan anak dengan cara marah tanpa sebab atau sikap-sikap negatif yang dimata anak dianggap sebagai sesuatu yang mereka takuti!

Caranya, orangtua perlu belajar mengendalikan diri dalam mengatasi emosi. Jika merasa perlu mintalah bantuan ahli atau lakukan saja relaksasi maupun hubungan spiritual.

Ketika menghadapi masalah, sebaiknya orangtua perlu fokus pada solusi dan bukan lari dari kenyataan. Termasuk ketika konflik terjadi pada pasangan, maka sebaiknya bangun komunikasi terbuka antarpasangan. Ciptakan juga komunikasi terbuka dengan orang yang terlibat dalam pengasuhan seperti teman atau orangtua. Selain bisa belajar dari pengalaman orang lain, Anda juga bisa sekaligus menyatukan pemahaman tentang bagaimana pola asuh di rumah agar mereka bisa memahami dan mengikuti saat berada di dekat buah hati Anda.

6. Terakhir orangtua juga perlu terus belajar mengenali kelebihan dan kekurangan diri.
Mengembangkan sikap mau belajar dan mau berubah menjadi cara untuk mengeksplorasi diri lebih positif sebagai orangtua.sering-seringlah ngobrol dan berkomunikasi dengan anak dan lakukan intropeksi bersama pasangan anda apa kelebihan atau kekurangan masing-masing dalam mendidik anak!


http://www.dinaspendidikan-parepare.info

OBROLAN BERSAMA PROF. DR. AZYUMARDI AZRA, MA PENTINGNYA SEKOLNET by Sekolah Internet

Setiap pribadi seharus segera memulai memikirkan apa yang harus dibuatnya untuk esok hari. Bukan hanya untuk kepentingannya sendiri, jauh dari itu semua adalah berfikir untuk memberikan kemanfaatan kepada orang banyak, bahkan untuk semesta alam ini. Memang tidak mudah untuk dilakukan, karena akan banyak menghadapi tantangan bukan saja dari lingkungan, keluarga dan yang jauh lebih sulit adalah tantangan dan hambatan yang muncul dari dalam diri. Karenanya sebagai manusia biasa yang tersempurnakan karena dilengkapi dengan kekurangan, sudah sewajarnya bersosialisasi dan mencari cara terbaik dalam menyelesaikan permasalahan atau mewujudkan impian. Karenanya saya memulai untuk sharing ide dan tanggapan kepada tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh dan peran dalam percaturan di negeri ini. Sebelumnya saya berbincang dengan Menteri Pendidikan RI Bapak DR. Ir. H. Muhammad Nuh, DEA tentang SEKOLNET (Sekolah Internet), kali ini saya berkesempatan berbincang dengan Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA (Direktur Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah) dan beliau adalah cendikiawan muslim yang sudah diakui di Indonesia bahkan dunia. Sumbangan pemikiran beliau dibidang pendidikan tidak perlu diragukan lagi. Keperibadian beliau yang begitu bersahaja dan sederhana membuat orang yang mengenalnya, selalu kagum kepadanya.
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai pandangan beliau tentang SEKOLNET (Sekolah Internet) yang coba saya rintis, dan inilah ungkapan beliau selengkapnya :

Bagaimana pandangan Pak Kyai tentang SEKOLNET (Sekolah Internet) ?

SEKOLNET adalah ide yang kreatif dan sangat penting, walaupun bisa dibilang relatif terlambat, tapi setidaknya lebih baik. Inisiatif ini sangat penting dan bernmanfaat untuk semuanya. Bagi anak-anak pengguna internet, bagi remaja, orang dewasa dan keluarga. Karena internet sudah masuk ke rumah kita, makin lama internet ini akan semakin luas jangkauannya, semakin cepat, dan semakin murah. Jadi anak-anak kita semakin terbiasa menggunakan internet, disamping itu internet menyediakan bahan-bahan pembelajaran untuk mereka, disamping itu juga tersedia bahan-bahan yang tidak patut diakses oleh anak-anak, jadi itu penting sekali dan saya mengucapkan :

SELAMAT, SEBESAR-BESARNYA, SETINGGI-TINGGINYA ATAS KARYA INI

Apa yang harus dilakukan pemerintah dalam hal ini?

Seharusnya pemerintah mengambil inisiatif dalam hal ini, jadi tidak cukup hanya berteriak-teriak, tidak cukup hanya mengadakan peraturan, karena aturannya yang terkait dengan undang-undang pornografi itu tidak jelas dan tidak konsisten, karenanya orang masih dengan mudah mengaksesnya.

Inilah inisiatif Sekolnet, dengan cara ini akan memberikan guiden (bimbingan) untuk menggunakan internet, dan ide ini sangat bagus sekali.

Bagaimana dengan sifat ketidakformalan model pendidikannya ?

Ini memang tidak formal, yang penting menurut saya, supaya bimbingan dari sekolnet ini dapat tersebar luas diperlukan sosialisasi agar masyarakat menggunakan sekolnet seluas-luasnya, karena sangat bermanfaat bagi semua orang terutama, anak-anak, remaja dan orang tua.


Apa yang beliau sampaikan adalah sedikit kegembiraan sekaligus harapan yang beliau ungkapan, bahwa negeri ini masih memiliki orang-orang yang kreatif dan peduli menyelamatkan generasi muda dari kerusakan moral. Jangan terlalu menggantungkan kepada pemerintah, karena setiap kita sudah dibekali kemampuan maksimal untuk melakukan perubahan. Sekali lagi ulang-ulanglah afirmasi (mantra) ini " KALAU DIA BISA, SAYA JUGA BISA".

SEDERETAN PRESTASI ANAK BANGSA 2010 by "Sekolah Internet"

Indonesia sesungguhnya tidak bisa dipandang sebelah mata oleh bangsa lain, disamping penduduknya yang besar, prestasi juga menjadi prestasi tersendiri di negeri ini. Generasi harapan masa depan begitu bersemangat mengukir tinta emas untuk peradaban ini. Prestasi-prestasi anak bangsa yang berhasil diraih baik dalam skala lokal maupun internasional sangat membanggakan, sekalipun apresiasi terhadap putra bangsa yang berprestasi relatif masih belum mendapatkan tempat yang layak sebagaimana bangsa lain. Semoga kisah-kisah mereka dapat menjadi pemicu bagi siapapun yang membacanya untuk tidak mau kalah dan turut berjuang lebih baik lagi di tahun yang akan datang! Semoga kilas balik mengenai prestasi-prestasi anak bangsa di bidang Akademik ini menjadi harapan negeri ini yang masih menghargai para pejabatnya.

Irwandi Jaswir namanya.
Putra Indonesia ini mendapatkan penghargaan sebagai peneliti terbaik di universitas internasional IIUM (International Islamic University Malaysia) bulan Maret 2010 silam.

Remaja Indonesia, Ibrahim Handoko (15),
Mencuri perhatian media-media di Jerman. Mengapa? Karena ia berhasil memformulasikan persamaan untuk menyelesaikan perhitungan angka piramida dengan jumlah tidak terbatas. Berkat penemuannya ini, Ibrahim menjadi salah satu nominasi peneliti remaja terbaik tahun 2010 di Jerman!

Kepala Departemen Anestesiologi dan Intensive Care FKUI/RSCM Dr Susilo Chandra, SpAn, mendapatkan penghargaan dari “The Royal College of Anaesthetist (RCOA)” yang berbasis di London. Penghargaan RCOA bulan Maret 2010 lalu diberikan kepada Dr Susilo Chandra, karena ia dinilai memiliki kontribusi yang signifikan dalam dunia kedokteran Indonesia dan internasional

Tim robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom) kembali memenangkan medali emas dalam ajang Robogames 2010, San Mateo County Event Center, San Fransisco, Amerika Serikat. Dalam kategori open fire fighting autonomus robot, robot dari Unikom berhasil mencari sumber api yang ditetapkan secara acak dan memadamkan secara otomatis dalam waktu tercepat dan mempertahankan mendali emas yang diperoleh pada tahun kemarin!

Anak Agung Julius, asisten profesor bidang elektro, komputer dan sistem rancang bangun di Rensselaer Polytechnic Institute, AS, memenangi Faculty Early Career Development Award (CAREER) dari National Science Foundation (NSF). CAREER Award diberikan kepada staf pengajar pada awal karir akademik mereka dan merupakan salah satu penghargaan paling kompetitif NSF. Penghargaan ini menekanan pada penelitian berkualitas tinggi.

Tim pelajar Indonesia yang kesemuanya adalah para siswa putri sekolah menengah atas (SMA) meraih medali perak dan perunggu pada ajang International Sustainable Energy Engineering and Environment Project Olympiad (I-SWEEEP) 2010 pada 14-19 April 2010 di Houston Texas, Amerika Serikat. I-SWEEEP merupakan olimpiade proyek penelitian tingkat internasional yang melombakan tiga bidang yaitu energi, rekayasa teknologi, dan lingkungan untuk tingkat SMP dan SMA. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Cosmoz Foundation ini diikuti oleh 70 negara dan 40 negara bagian dari Amerika Serikat.

Siswa SMAN 5 Kota Madiun, Nina Milasari dan Christina Kartika Bintang Dewi, yang mengikuti olimpiade internasional tingkat pelajar usia 13-18 tahun, International Environmental Project Olympiad (Inepo) 2010 di Kota Istanbul, Turki, 19-22 Mei kemarin, berhasil meraih emas. Inepo 2010 ini diikuti 106 finalis dari 45 negara.

Riska Mirzalina menjadi juara Essay Competition 2010 World Bank dalam topic Youth Unemployment yang berjudul Creative Business: The Art of Seeking Opportunity in Crisis. Kompetisi tersebut diikuti oleh lebih dari 150 negara dengan total 2009 karya essay yang masuk. Berawal dari keprihatinannya atas keterbatasan persenjataan TNI, mengantarkan Miftah Yama Fauzan (16) siswa SMAN 1 Sidoarjo menggondol medali emas dalam International Conference of Young Scientist (ICYS) 2010 di Bali beberapa waktu lalu. Proyeknya berjudul Development of Smart Electric Gun With Adaptive Bullet Speed mecoba untuk menciptakan senjata dengan operasional murah tapi efektif.

Dr Khoirul Anwar wakil ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) meraih penghargaan best paper kategori Young Scientist pada IEEE VTC 2010-Spring, Taiwan. Paper assistant professor di Japan Advanced Institute of Science and Technolgy (JAIST) yang berjudul “Chained turbo equalization for single carrier block transmission without guard interval” pun telah di patenkannya di Jepang.

Mohammad Shohibul Maromi, siswa SMA Negeri 1 Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, berhasil meraih emas dalam ajang International Physic Olympiad (IPhO) atau Olimpiade Fisika tingkat dunia ke-41 yang diselenggarakan di Zegreb, Kroasia, 17-25 Juli 2010. Selain Shohibul Maromi, dalam olimpiade Fisika Internasional itu, Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) menerjunkan lima perserta yang direkrut dari seluruh SMA di Indonesia. Empat orang diantaranya berhasil meraih medali emas dan seorang lainnya menyabet medali perak.
Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) berhasil meraih dua medali perak dan satu perunggu di ajang International Olympiad in Informatics (Olimpiade Informatika Internasional) ke-22 yang berlangsung 14-21 Agustus 2010 di Waterloo, Kanada. Tim tersebut beranggotakan Alham Fikri Aji (SMA Negeri 1, Depok), Ashar Fuadi (SMA Negeri 1, Bogor), Christianto Handojo (SMA Kanisius, Jakarta), dan Harta Wijaya (SMA St. Thomas, Medan).

Navhat Nuraniyah, mahasiswi International Class-jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil keluar sebagai juara kedua paper terbaik dalam Asean Korea Frontier Forum yang belangsung sejak 5 sampai 13 Agustus yang lalu di Seoul, Korea Selatan yang diikuti oleh tim dari seluruh negara Asean dan Korea Selatan.

Tim Olimpiade Indonesia meraih tempat ketiga dalam perolehan medali emas terbanyak di ajang Olimpiade Internasional Kebumian (International Earth Science Olympiad) ke-4 di Yogyakarta, 19-28 September 2010. Sebagai tuan rumah IESO ke-4 ini, Indonesia berhasil meraih dua emas dan enam perak.

Tim Indonesia berhasil memperoleh tiga medali perak dan dua perunggu di ajang Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika ke-4 (4th International Olympiad on Astronomy and Astrophysics/IOAA) tingkat pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang digelar di Beijing, Republik Rakyat China, 12-21 September 2010. Tim nasional Indonesia bersaing dengan 24 tim lainnya dari 22 negara untuk uji teori, pengamatan, praktik pengolahan data, dan kompetisi tim.

Ali Khumaeni, seorang mahasiswa Indonesia, berhasil menerima penghargaan tingkat internasional bidang aplikasi Laser Plasma Spectroscopy atau Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS) di Amerika Serikat (AS). Makalah Khumaeni dianggap sebagai yang terbaik untuk kategori mahasiswa pasca sarjana di “6th International Conference on LIBS” di kota Memphis, Tennessee, AS, pada 13-17 September 2010.

Fahma Waluya (12 tahun) dan adiknya Hania Pracika (6 tahun) mencetak rekor baru untuk peserta termuda yang berhasil meraih Juara (Winner) APICTA selama 10 tahun penyelenggaraan kompetisi APICTA Awards Internasional yang diadakan sejak tahun 2001.

Sereal olahan empat mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor berhasil menjuarai kompetisi produk pangan internasional, Institute of Food Technologists (IFT) Annual Meeting and Food Expo di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 17-20 Juli lalu.

Tim Indonesia berhasil meraih satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu di kompetisi China West Mathematical Olympiad yang diselenggarakan di Taiyuan, China, akhir Oktober lalu.

Tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) berhasil meraih nilai tertinggi, sehingga meraih gelar juara umum untuk level junior dalam ajang The Fourth International Young Mathematics di India yang berlangsung 2-5 Desember 2010.

Indonesia meraih tiga medali emas, lima perak dan empat perunggu dalam kompetisi Olimpiade Sains Junior Internasional ke-7 yang digelar di Abuja, Nigeria diwakili 12 pelajar tingkat SMP dari seluruh Indonesia.

Tokoh pendidik Indonesia, Profesor Dr. Arief Rachman, terpilih sebagai anggota Grup Administratif pada Dewan Pendidikan International dari Badan PBB Urusan Pendidikan dan Kebudayaan (IBE-UNESCO) untuk masa jabatan dua tahun! Pemilihan berlangsung pada saat Sidang ke-59 IBE-UNESCO yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss, 27-29 Januari 2010 yang lalu
dan tentu saja last but not least, kehadiran program Indonesia Mengajar yang mengirimkan pengajar-pengajar muda ke pelosok Nusantara. Bagi kami inisiatif tersebut merupakan prestasi terbesar yang pernah dipersembahkan oleh anak bangsa untuk tanah airnya! Memberi sebanyak-banyaknya pengabdian bagi dunia pendidikan Indonesia tercinta.

Semoga sederaten prestasi ini menggerakkan hati kita, untuk mengukir prestasi dengan cara yang lain. Hidup adalah pilihan, karenanya pilihlah yang terbaik, berprestasi adalah bagian cara kita melakukan yang terbaik. Semangat yang harus dibangun dalam diri kita adalah prinsip "KALAU DIA BISA AKU JUGA BISA". Semoga memberikan manfaat....

KREARIFINDO Creative Solution

PhotobucketPhotobucket Photobucket
INILAH SEBAGIAN BISNIS ONLINE YANG SAYA KEMBANGKAN, BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN : DESAIN GRAFIS, DESAIN PRESENTASI, DESAIN KREATIF, DESAIN MULTIMEDIA, DLL. ATAU TRAINING MULTIMEDIA PRESENTASI, WORKSHOP PEMBUATAN BLOG KONTAK SAYA DI :
085880878417 atau YM : arif_jic@yahoo.co.id

DOWNLOAD MATERI

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

 
Design by Gerai Blog | Support Design by Desaingratis - Group Design | GERAI BLOG