Senin, 14 Februari 2011

OBROLAN BERSAMA PROF. DR. AZYUMARDI AZRA, MA PENTINGNYA SEKOLNET by Sekolah Internet

Setiap pribadi seharus segera memulai memikirkan apa yang harus dibuatnya untuk esok hari. Bukan hanya untuk kepentingannya sendiri, jauh dari itu semua adalah berfikir untuk memberikan kemanfaatan kepada orang banyak, bahkan untuk semesta alam ini. Memang tidak mudah untuk dilakukan, karena akan banyak menghadapi tantangan bukan saja dari lingkungan, keluarga dan yang jauh lebih sulit adalah tantangan dan hambatan yang muncul dari dalam diri. Karenanya sebagai manusia biasa yang tersempurnakan karena dilengkapi dengan kekurangan, sudah sewajarnya bersosialisasi dan mencari cara terbaik dalam menyelesaikan permasalahan atau mewujudkan impian. Karenanya saya memulai untuk sharing ide dan tanggapan kepada tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh dan peran dalam percaturan di negeri ini. Sebelumnya saya berbincang dengan Menteri Pendidikan RI Bapak DR. Ir. H. Muhammad Nuh, DEA tentang SEKOLNET (Sekolah Internet), kali ini saya berkesempatan berbincang dengan Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA (Direktur Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah) dan beliau adalah cendikiawan muslim yang sudah diakui di Indonesia bahkan dunia. Sumbangan pemikiran beliau dibidang pendidikan tidak perlu diragukan lagi. Keperibadian beliau yang begitu bersahaja dan sederhana membuat orang yang mengenalnya, selalu kagum kepadanya.
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai pandangan beliau tentang SEKOLNET (Sekolah Internet) yang coba saya rintis, dan inilah ungkapan beliau selengkapnya :

Bagaimana pandangan Pak Kyai tentang SEKOLNET (Sekolah Internet) ?

SEKOLNET adalah ide yang kreatif dan sangat penting, walaupun bisa dibilang relatif terlambat, tapi setidaknya lebih baik. Inisiatif ini sangat penting dan bernmanfaat untuk semuanya. Bagi anak-anak pengguna internet, bagi remaja, orang dewasa dan keluarga. Karena internet sudah masuk ke rumah kita, makin lama internet ini akan semakin luas jangkauannya, semakin cepat, dan semakin murah. Jadi anak-anak kita semakin terbiasa menggunakan internet, disamping itu internet menyediakan bahan-bahan pembelajaran untuk mereka, disamping itu juga tersedia bahan-bahan yang tidak patut diakses oleh anak-anak, jadi itu penting sekali dan saya mengucapkan :

SELAMAT, SEBESAR-BESARNYA, SETINGGI-TINGGINYA ATAS KARYA INI

Apa yang harus dilakukan pemerintah dalam hal ini?

Seharusnya pemerintah mengambil inisiatif dalam hal ini, jadi tidak cukup hanya berteriak-teriak, tidak cukup hanya mengadakan peraturan, karena aturannya yang terkait dengan undang-undang pornografi itu tidak jelas dan tidak konsisten, karenanya orang masih dengan mudah mengaksesnya.

Inilah inisiatif Sekolnet, dengan cara ini akan memberikan guiden (bimbingan) untuk menggunakan internet, dan ide ini sangat bagus sekali.

Bagaimana dengan sifat ketidakformalan model pendidikannya ?

Ini memang tidak formal, yang penting menurut saya, supaya bimbingan dari sekolnet ini dapat tersebar luas diperlukan sosialisasi agar masyarakat menggunakan sekolnet seluas-luasnya, karena sangat bermanfaat bagi semua orang terutama, anak-anak, remaja dan orang tua.


Apa yang beliau sampaikan adalah sedikit kegembiraan sekaligus harapan yang beliau ungkapan, bahwa negeri ini masih memiliki orang-orang yang kreatif dan peduli menyelamatkan generasi muda dari kerusakan moral. Jangan terlalu menggantungkan kepada pemerintah, karena setiap kita sudah dibekali kemampuan maksimal untuk melakukan perubahan. Sekali lagi ulang-ulanglah afirmasi (mantra) ini " KALAU DIA BISA, SAYA JUGA BISA".

0 komentar:

Posting Komentar

KREARIFINDO Creative Solution

PhotobucketPhotobucket Photobucket
INILAH SEBAGIAN BISNIS ONLINE YANG SAYA KEMBANGKAN, BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN : DESAIN GRAFIS, DESAIN PRESENTASI, DESAIN KREATIF, DESAIN MULTIMEDIA, DLL. ATAU TRAINING MULTIMEDIA PRESENTASI, WORKSHOP PEMBUATAN BLOG KONTAK SAYA DI :
085880878417 atau YM : arif_jic@yahoo.co.id

DOWNLOAD MATERI

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

 
Design by Gerai Blog | Support Design by Desaingratis - Group Design | GERAI BLOG