Jumat, 25 Februari 2011

FORMULIR DONASI



































FORMULIR DONASI




Nama lengkap




Alamat




HP/Telepon




E-mail




Besar Donasi




Keterangan








Powered byEMF Form Builder
Report Abuse

SEKOLAH TANPA RUANGAN? Pendidikan Alternatif 'Qaryah Thayyibah' by "Sekolah Internet"

Tak terbayangkan dalam benak kita ada sekolah tanpa pagar, tanpa tiang bendera, tanpa bel, tanpa gedung sekolah, bahkan tanpa plang yang menunjukkan bahwa ada sekolah. Tetapi itulah yang terjadi di Desa Kalibening, Salatiga, Jawa Tengah. Sebuah komunitas belajar yang mengusung ide pendidikan alternatif muncul dan mengagetkan dunia pendidikan kita yang carut marut ini. Gaungnya tidak hanya bergema di negeri ini namun sudah terdengar hingga kancah internasional.

Sudah mengendap dalam benak kita bahwa kalau ingin menuntut ilmu berarti kita harus sekolah. Dan itu tidak sepenuhnya salah. Masalahnya, sekolah saat ini tidak hanya menuntut tekad bulat untuk menuntut ilmu, namun juga harus diiringi kesediaan merogoh kocek dalam-dalam. Untuk menyekolahkan anak setingkat SD di sekolah negeri, meski disebut gratis, tetap ada biaya yang harus dikeluarkan orangtua saat awal masuk sekolah berkisar antara 100 hingga 500 ribu rupiah, misalnya untuk seragam, buku, dan lain-lain. Sementara untuk masuk SD swasta, apalagi SD favorit di kota besar, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Demikian juga ketika kita ingin menyekolahkan anak di tingkat SMP dan SMA. Biaya yang dikeluarkan tentu lebih tinggi. Kira-kira 500 sampai 1 juta rupiah harus disediakan orangtua pada saat penerimaan siswa baru. Uang sebesar itu tentu tidak terasa besar bagi mereka yang berpenghasilan rutin dengan jumlah jutaan rupiah. Namun bagi mereka yang tidak punya penghasilan tetap tentunya uang sejumlah itu akan sangat membebani hidup. Bayangkan saja, untuk biaya makan sehari-hari saja sudah susah apalagi harus menanggung biaya sekolah yang tidak sedikit.

Keresahan mengenai mahalnya biaya pendidikan pun mendorong Bahruddin, inisiator sekaligus penggerak model pendidikan alternatif di Salatiga mengajukan ide untuk membangun Learning Based Community (pendidikan berbasis komunitas) di desa Kalibening, kecamatan Tingkir, Salatiga. 'Sekolah' yang pada awalnya menampung 12 siswa setingkat SMP ini diberi nama Qaryah Thayyibah (QT) yang berarti Desa milik Allah yang dilimpahi keberkahan. Kini QT sudah memiliki 150 siswa setingkat SMP dan SMA.

Belajar sesuai kebutuhan

Pendidikan akternatif yang digagas oleh Bahruddin merupakan konsep yang dia kembangkan sendiri berdasar pengalaman dan buku-buku yang dibacanya. Prinsip dasarnya adalah memberi kebebasan pada siswa untuk belajar apa pun yang mereka sukai. Guru (di QT disebut pendamping) hanya memberikan ide atau masukan, apakah nanti akan diterima anak atau tidak, semua dikembalikan ke siswa.

Konsepnya mirip dengan homeschooling, namun ada beberapa hal yang membedakannya. Pertama, homeschooling masih memiliki kurikulum dan mata pelajaran yang harus dipelajari siswa. Sedang di QT tidak ada acuan mata pelajaran. Semua siswa bebas menentukan apa yang ingin mereka pelajari. Kedua, pelaksanaan homeschooling sering dikritik membatasi interaksi anak dengan orang lain. Sedangkan di QT, lingkungan sekitar dan masyarakatnya adalah 'sekolah' bagi siswa QT. Jadi model pendidikan alternatif dijamin tidak akan mengisolasi siswa dari lingkungannya. Justru mendorong siswa untuk terlibat aktif di lingkungannya.

Karena berbasis pada lingkungan pulalah, siswa QT diharapkan mampu menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi lingkungan tempat mereka berada. “Ada seorang warga yang mengeluh pada anaknya kalau sekarang ini mau makan makanan yang bergizi harganya serba mahal. Lalu anaknya membawa permasalahan itu ke sekolah, anak-anak berdiskusi dan muncullah ide untuk membuat peternakan belut. Lalu anak-anak belajar tentang budidaya belut lalu sama-sama mereka praktek membudidayakannya,” cerita Bahruddin.

Sungguh berbeda jauh dengan kebanyakan kita yang sudah melahap berbagai pelajaran di sekolah namun tidak mampu memberikan solusi pada permasalahan sekitar. “Selama ini kita kan diajarkan agar banyak menyerap pengetahuan tapi akhirnya kita malah jadi konsumtif alias tidak produktif. Pengetahuan itu seperti vitamin, dibutuhkan untuk tubuh kita secukupnya saja jangan sampai berlebih,” tambah ayah 3 anak ini.

Mandiri dalam belajar

Pendidikan alternatif yang diusung Bahruddin sebenarnya mendidik anak agar mandiri dalam belajar. Ini hal penting yang justru sering tidak kita dapatkan di dunia pendidikan kita. Anak-anak yang pergi ke sekolah setiap pagi, pulang sore hari, 6 hari selama seminggu, kebanyakan datang ke sekolah lebih sebagai formalitas bukan dengan niat murni untuk menuntut ilmu. Sampai di sekolah pun anak memposisikan diri sebagai 'wadah' yang siap menerima apa pun yang diberikan oleh guru. Padahal hakekatnya, anak bukanlah tempat kosong yang tidak berisi apa-apa. Artinya, anak-anak itu sudah memiliki bekal-bekal yang dapat mendorong mereka untuk belajar. Misalnya pengalaman, informasi dari televisi, buku maupun dari tempat lain.

Hal seperti itu tidak terjadi di QT. “Aku kan emang dari awal suka musik. Aku belajar sendiri dengan baca internet dan download video-video tentang musik. Terus aku mau belajar gitar, belajarnya dengan cari di internet gimana caranya main gitar lalu aku coba-coba sendiri sampai bisa. Terus kalau bikin lagu, aku kan punya temen yang bisa buat lagu ya aku belajar sama temenku itu dan ini bisa dilakukan sendiri saja dan kadang kami juga mendatangkan guru juga. Pas mau rekaman juga gitu. Aku ikut temen atau lihat Pak De (paman-red) yang memang pemusik, gimana caranya rekaman. Liat di studio, aku pelajari dan aku bawa ke sini untuk dipelajari sama-sama dengan teman-teman,” ungkap Ikhwan (19), salah seorang lulusan QT.

Hal menarik yang bisa kita dapatkan dari QT ini, anak jadi terbiasa belajar secara mandiri. Bayangkan, jika selama 6 tahun mereka dilatih untuk memilih sendiri apa yang akan mereka pelajari. Juga merumuskan sendiri (bersama teman satu forum) materi yang akan dipelajari dan menyiapkan sendiri segala macam perangkat yang dibutuhkan untuk belajar, maka bisa dipastikan setelah lulus 'sekolah' dia tidak akan kesulitan untuk terus belajar meski sudah tidak berada di lingkungan sekolah.

Sementara fenomena yang sering kita lihat, banyak anak lulus SMA belum memiliki karya, bahkan banyak yang menjadi 'masalah' bagi lingkungannya. Padahal dalam Islam juga ada terminologi bahwa orang yang paling baik adalah orang yang bermanfaat bagi lingkungannya. Dengan kata lain orang yang paling baik bisa menyelesaikan permasalahan lingkungannya.

Dibebaskan justru berprestasi

Banyak yang berpikir bahwa untuk berprestasi anak harus diberikan pengarahan dengan ketat. Diikutkan berbagai les dengan jadwal yang padat, tidak banyak bermain-main dan penuh dengan hal serius lainnya. Ternyata hal ini terpatahkan dengan sistem pendidikan alternatif di QT. Dengan ketiadan jadwal pelajaran, tanpa guru, gedung sekolah, laboratorium justru mendorong para siswa untuk kreatif.

“Maia Rosyida, sudah menulis 20 buku. Saat ini umurnya 18 tahun,” ungkap Bahruddin. Saat mulai bersekolah di Qoryah Thayyibah, Maia menyampaikan kalau suka menulis, maka yang dilakukan para pendamping adalah mendukung dan mendorongnya untuk terus menulis. Hasilnya, benar-benar tak terduga, karena si anak didukung melakukan sesuatu yang sesuai minatnya, dalam waktu singkat 20 buku berhasil ditulisnya. Sebagian dijilid, di-copy dan disebarluaskan oleh pihak sekolah, sebagian lagi diterbitkan oleh penerbit profesional.

Fina, Izza dan Siti, tiga orang siswa QT berhasil menerima penghargaan Creative Kids Award dari Yayasan Creatif Indonesia pimpinan Seto Mulyadi. Ketiga anak itu membuat karya tulis berjudul “Haruskah UN Dihapus?” Karya tulis itu dibuat sebagai tugas akhir sebelum mereka lulus dari QT.

Belum lagi sejumlah karya berupa hasil penelitian, film, musik yang dibuat oleh siswa-siswa QT. Semua karya tersebut ide orisinal dari si anak dengan masukan para pendamping. Beberapa siswa sudah biasa diminta berbicara di depan para pejabat publik, seperti Hilmy (15) yang diminta berpidato di depan 90 kepala sekolah berprestasi di seluruh Indonesia. Semua karya yang mengagumkan itu bersumber pada sebuah prinsip pendidikan yang membebaskan anak untuk mempelajari apa yang dia suka, sambil tetap mendampingi dan mendukung sebisa mungkin.

Mengelola internet sendiri

Salah satu perangkat yang berperan penting dalam pelaksanaan pendidikan alternatif QT adalah akses internet penuh 24 jam. Semua siswa 'dibiarkan' mandiri belajar, salah satunya dengan panduan “Om” Google. Akses internet memang ibarat samudra luas tanpa batas yang berisi segala hal, baik yang positif maupun negatif. Di QT, semua siswa bebas mengakses internet, tentunya tetap dengan aturan tertentu. Sebab kebebasan yang bertanggungjawab adalah prinsipnya.

Bagaimana komunitas ini bisa memiliki akses internet 24 jam? Awalnya memang ada seorang pengusaha yang menyediakan internet di komunitas ini. Namun kemudian, komunitas ini memakai jasa internet yang diluncurkan Telkom dan dikelola secara mandiri. Mereka membuat aturan seperti biaya Rp2000 per-jam untuk pemakaiani internet. Dari hasil pengelolaan internet itu mereka mampu membayar tagihan internet plus membayar uang listrik per bulannya.

Dari pengalaman komunitas ini kita bisa belajar bahwa jika anak-anak usia 13-19 tahun yang tinggal di lereng gunung saja bisa mengelola 'sekolah'nya dengan baik, maka sebenarnya hal yang sama bisa juga dilakukan di tempat lain dan oleh siapa pun. Hanya dibutuhkan komitmen yang kuat dan kemauan untuk mewujudkannya. Terasa berat? Bisa jadi, sebagai awalnya. Namun tidak ada kata tidak mungkin jika kita mau mencobanya.

http://www.ummi-online.com/

DIMANA INDONESIA TAHUN 2030, DI PUNCAK ATAU TERPURUK by "Sekolah Internet"

Pengembangan Sumber Daya Manusia Tidak bisa diabaikan. Negara yang mengalami kemajuan pesat, mereka menjadikan potensi SDM menjadi tumpuan utama. Negara yang mampu menghadapi tantangan di tahun 2030 adalah negara yang sudah menyiapkan sejak dini seluruh komponen yang dapat menembus ruang dan waktu jamannya. (Sekolnet)

Sosok tahun 2030, apalagi tahun 2050
,
belum tersingkap jelas, tetapi sejumlah negara tampak bergegas melakukan antisipasi. Ada apa dengan tahun 2030 atau tahun 2050?

Dengan mengandalkan ketajaman imajinasi dan visi, perkembangan dan tingkat kemajuan tahun 2030 atau tahun 2050 mulai diproyeksikan secara meyakinkan. Gambaran tentang perkembangan dan kemajuan tahun 2030 atau tahun 2050 sebenarnya belum jelas.
Makna angka 2030 atau 2050 secara matematis mungkin tidak terlalu penting lagi.

Jauh lebih penting sebenarnya bagaimana bangsa-bangsa di dunia mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan satu generasi ke depan, yang diproyeksikan sampai tahun 2030.

Imajinasi dan visi tentang perkembangan tahun itu telah memengaruhi dan membentuk pikiran, perilaku, dan pergulatan berbagai bangsa di dunia terhadap masa depan yang menjanjikan perubahan besar.

Dari balik rongga gelap ketidakjelasan tahun 2030, seakan muncul kekuatan magnetik luar biasa yang menggerakkan pikiran, perhatian, perasaan, dan tindakan banyak bangsa. Banyak negara dan bangsa seolah dibuat gelisah, seolah tidak sabar menunggu datangnya era baru dalam satu generasi mendatang.

Bagaimanakah sesungguhnya realitas dunia tahun 2030, yang menggetarkan dan mengerakkan banyak bangsa? Lebih khusus lagi, bagaimanakah nasib bangsa Indonesia pada tahun itu?

Tanda-tanda perkembangan tahun 2030 atau tahun 2050 bagi banyak negara sudah mulai dirasakan sekarang ini. Tidaklah mengherankan, sejumlah negara tergerak memacu percepatan kemajuannya, berlari tunggang langgang, meraih kemajuan di dunia yang digambarkan semakin datar, the world is flat.

Tanpa membiarkan mata terpejam sedikit pun, konsentrasi diarahkan ke depan untuk menatap tujuan hidup yang lebih baik, yang menjamin kesejahteraan hidup, kemerdekaan individu, perlindungan hak asasi dan demokrasi. Tidak sedikit bangsa gamang menghadapi tantangan dalam menggapai masa depan yang lebih baik, tetapi lebih rumit.

Modal persiapan

Sejumlah negara dinilai telah memiliki modal dan pijakan kuat untuk menggapai kemajuan tahun 2030 atau tahun 2050. China, misalnya, disebut-sebut akan menjadi kekuatan ekonomi nomor satu di dunia pada tahun 2050.

Kepemimpinan yang kuat dan berwibawa, ditambah etos kerja yang tinggi, telah mendorong China melesat maju. Angka-angka pertumbuhan ekonomi sangat menggiurkan dari tahun ke tahun, lebih-lebih dalam tiga dasawarsa terakhir.

Sodokan kemajuan ekonomi China diperkirakan akan menggeser posisi AS ke posisi kedua, sementara India menikung mengambil posisi ketiga. Uni Eropa akan berada di urutan keempat dan Jepang pada posisi kelima.

Berbagai ramalan menyebutkan China akan kedodoran, tetapi lebih banyak orang berkeyakinan tentang kembalinya kejayaan ekonomi China yang pernah diraih di abad ke-19.

Keberadaan dunia tahun 2030 digambarkan akan ditandai oleh perkembangan teknologi luar biasa. Perekonomian akan dipengaruhi oleh teknologi informasi, teknologi material, genetika, dan teknologi energi.

Perkembangan luar biasa ini dipicu oleh nanoteknologi, teknologi yang berbasis nano. Satuan nano sangatlah kecil. Satu nanometer sama dengan seperlima puluh ribu (1/50.000) tebal rambut.

Sekalipun ukurannya sangatlah kecil, kemampuan nanoteknologi sangat dahsyat seperti dapat mengutak-atik molekul untuk memperoleh produk baru yang mengubah dunia.
Peran besar yang diambil alih oleh teknologi berbasis nano cenderung meningkat tajam.

Nanoteknologi diperkirakan akan menguasai dunia mulai tahun 2013.
Penggunaan teknologi berbasis nano akan memecahkan berbagai persoalan kemanusiaan seperti dalam bidang kesehatan dan pangan. Bahkan diramalkan, persoalan pangan tidak akan menjadi masalah lagi. Orang boleh makan apa saja, tidak khawatir sakit. Penyakit turunan disembuhkan. Orang buta melihat, dan orang tuli mendengar.

Hanya bangsa dan negara yang memiliki kemampuan menguasai teknologi tinggi dan canggih akan mengambil manfaat. Bangsa-bangsa yang tidak mampu mengantisipasi akan terus terpuruk, tetap berada di pinggiran dari panggung dunia yang menghadirkan kemajuan.
Pada lapisan yang lebih dalam sangat diperlukan sumber daya manusia yang andal, yang mampu menguasai perkembangan dan kemajuan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan manusia.

Arah perkembangan kemajuan setiap bangsa akan sangat tergantung pada kemampuan menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan andal. Maka bisa terjadi, negara yang sudah maju akan bertambah maju, atau sebaliknya. Negara yang tidak maju bisa menjadi maju, atau malah semakin terpuruk.

Sejarah memperlihatkan, banyak negara yang kejayaannya meredup bahkan hancur seperti dalam kasus Imperium Roma, Inca dan Aztek, atau Ottoman Turki.

Juga dapat dijadikan ilustrasi, Kamboja tahun 1200 termasuk negara kaya di dunia. Tahun 1500, Peru dan Meksiko mencengangkan. Tahun 1960-an, Lebanon dianggap Swiss-nya Timur Tengah dan Uganda Swiss-nya Afrika. Sekarang, ke mana mereka?

Tahun 1800, Amerika Serikat lebih miskin daripada Kuba dan Argentina, tetapi AS kini menjadi begitu kaya. Kenapa? Tahun 1960-an Jepang adalah negara miskin, dan barang-barang bikinannya sangat dihina. Namun, kini semua mengakui Jepang sebagai negara hebat. Mengapa?

Jawabannya, negara-negara itu sangat memerhatikan dan mengoptimalkan kemampuan sumber daya manusia. Negara yang kurang memerhatikan pengembangan sumber daya manusia melalui proses pendidikan yang baik akan mudah kedodoran.

Ketajaman pikiran dan analisis sebagai salah satu hasil pendidikan akan mendorong penguatan visi yang berjangkauan jauh ke depan sampai ke tahun 2030, bahkan ke tahun 2050.
Dalam menghadapi tantangan masa depan itu, orang tidak cukup lagi hanya masuk ke dalam, melihat kemampuan diri, tetapi juga menengok ke luar dengan memerhatikan kekuatan bangsa-bangsa lain. Kompetisi tidak terhindarkan.

Pergerakan ke depan akan berlangsung dalam semangat kompetisi tinggi. Pasti ada yang terempas dan tak sampai. Bangsa yang kehilangan gairah akan kehabisan tenaga dan akan tertinggal jauh di belakang.

Bangsa-bangsa yang hidup dari oportunitas kekinian dan berpikiran pendek dengan mengandalkan the art of the possible belaka akan cepat kehilangan napas menghadapi perjalanan jauh ke depan.

Maka, yang diperlukan imajinasi dan visi yang kuat ke masa depan, yang harus diikat dalam komitmen kerja sebagai agenda yang konkret dan jelas. Tidak kalah pentingnya peran pemimpin dan kepemimpinan, yang memberikan arahan dan kawalan terhadap proses perubahan agar masa depan lebih baik ketimbang masa kini.

Namun, jelas pula, pilihan-pilihan besar dan strategis tidaklah muncul dari ketajaman pikiran para politisi, melainkan dari penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan menguasai pengetahuan dan teknologi, bangsa Indonesia dapat melangkah maju bersama bangsa-bangsa lain.

Apa pun tantangannya, Indonesia tidak bisa melangkah mundur lagi atau kembali ke masa lampau karena harus menemukan solusi baru dalam mengatasi berbagai persoalan masa depan.

Tentu saja Indonesia belum kehabisan seluruh potensinya untuk melakukan perbaikan dan perubahan. Sejarah telah memberikan sejumlah tugas khusus kepada bangsa dan negara Indonesia untuk melakukan transformasi yang berjangkauan jauh ke depan.


http://imperiumindonesia.blogspot.com

9 Inovasi Teknologi Transportasi by "Sekolah Internet"

9 Inovasi Teknologi Transportasi Memang menemukan sebuah ide tidaklah mudah, bahkan inovasi-inovasi terbaik yang ada di dunia ini berasal dari ide-ide yang sangat konyol, Thomas Edison banyak dicaci oleh orang-orang sekitarnya sebelum ia menemukan bola lampu.

Wright bersaudara banyak ditertawakan oleh para penonton yang menonton percobaan mereka untuk terbang. Diperlukan keteguhan untuk merubah pola pikir orang banyak. Berikut ini adalah ide-ide inovatif dari para penemu yang mungkin saat ini terlihat konyol.

1. Mobil Roda 3
Penemuan Sepeda Roda 3 sangatlah jenius untuk menjaga agar anak-anak tidak terjatuh dari sepeda mereka. Namun apakah ide yang sama dapat diterapkan juga pada sebuah mobil? Hmm, pernah nonton film Mr. Bean? pasti ingat musuh bebuyutannya, sebuah mobil berjenis Reliant Robin.

Tidak perlu seorang insinyur untuk menilai, kalau jenis mobil tersebut sangatlah labil, apalagi dalam mengambil tikungan tajam.
Semua beban mobil bagian depan harus diseimbangkan oleh sebuah roda. Apalagi kalau tikungan tersebut dilakukan dengan kecepatan tinggi.
Kesimpulannya, orang yang berminat atas mobil tersebut harus memiliki rute yang lurus ke tempat kerja sehari-hari, dan tidak pernah tergesa-gesa, meskipun urusannya darurat.

2. Sinclair C5

Kalau yang ini lebih mirip lagi dengan sepeda roda 3. Dijelaskan sendiri secara gamblang di dalam website mereka, “Sinclair C5, sebuah malapetaka pemasaran.
Media menyebutnya sebagai lelucon. Dari 12 ribu unit Sinclair, sebagian besar dibuang ke luar negeri.

3. Toyota Personal Mobility Concepts

Toyota yang telah berkembang dan menguasai pasar otomotif dunia, kini berniat menguasai pasar kursi roda di masa depan.
i-unit, i-swing, dan terakhir i-real, merupakan produk yang menurut Toyota sendiri tidak memiliki point pejualan.
Apalagi ukurannya yang memakan ruang parkir hampir seukuran sebuah mobil, kecepatan maksimum hanya 20 mph, dan tidak memiliki sistim keamanan apapun untuk pengendaranya.




Memang ide untuk mengembangkan suatu kendaraan dengan jumlah roda yang ganjil cukup menjadi bahan lelucon.

4. Kendaraan Beroda Satu

Ini adalah Audi Snook, sebuah kendaraan beroda satu yang dipasangi mesin. Mskipun hanya baru konsep, tetapi konsep ini telah mendapatkan penghargaan beberapa kali.
Meskipun kendaraan ini dapat berdiri secara seimbang apabila dalam keadaan berhenti, anda tidak akan mau berada di dalamnya ketika angin kencang tiba-tiba bertiup.
Coba kita bayangkan, ada dua atau beberapa Snook yang saling bertabrakan tentu sangatlah menggelikan.



5. Railplanes (Kereta Terbang)

Ini sebenarnya adalah sebuah proyek yang sudah ditutup. Tetapi idenya sendiri masih berkembang hingga saat ini. Pada dasarnya kereta terbang adalah sebuah kereta api yang dipasangi baling-baling di bagian ekornya.
Pada masa 1930an, pesawat adalah kendaraan yang paling cepat dan kereta api adalah kendaraan dengan daya angkut paling banyak.
Bagaimana menggabungkannya adalah ide yang paling konyol, karena tanpa menghiraukan prinsip aerodinamis, kereta api yang tidak memiliki keseimbangan akan hancur berantakan ketika baling-baling tersebut digunakan, belum lagi masalah keamanan, baling-baling sebesar itu dalam sebuah kendaraan darat.


ilustrasi

6. Kendaraan Berkaki

Karena keterbatasan roda yang hanya efektif di permukaan datar dan dengan maksud meniru sistim kerja kaki manusia yang dapat berjalan di segala medan, dibuatlah proyek kendaraan berkaki.
Disponsori oleh militer, kendaraan berkaki banyak menghabiskan banyak sekali dana dan sejauh ini yang bisa dibuat adalah “Walking Truck”. sebuah kendaraan yang sangat susah dikendalikan, belum lagi tingkat kecepatannya yang sangat lambat.




7. Mobil Tenaga Nuklir

Adalah Ford Nucleon, yang memiliki konsep dengan tenaga nuklir. Diusulkan oleh Ford pada tahun 1958, ketika pengetahuan tentang dampak nuklir masih sangat sedikit.
Didesain dengan menempatkan reaktor di belakang dan kabin penumpang di depan agak jauh daripada mobil biasa untuk melindungi pengendara dari radiasi.

Konyolnya tanpa menyadari kalau terjadi tabrakan dari arah belakang, akan terjadi ledakan nuklir.

8. Bis Layang

Bis yang merupakan moda jalan raya yang dapat menampung penumpang terbanyak, memiliki kekurangan dengan ukurannya yang terlalu banyak makan tempat di dalam jalur lalu lintas.
Oleh karena itu, insinyur-insinyur di China membuat sebuah konsep bis yang berjalan di ketinggian, melewati berbagai macam kemacetan di jalan raya.

Pemerintah China sangat serius mengembangkan ini, bahkan direncanakan akan beroprasi di 2011 dekat ini.


9. Mobil Terbang

Ide akan sebuah mobil terbang sejak dahulu sangatlah populer. Bagaimana tidak, sebuah mobil yang bisa terbang tidak akan menemukan kemacetan, polisi, atau pedagang asongan di perempatan. Tetapi untuk mewujudkannya adalah hal yang sangat menyedihkan.
Sejauh ini sebuah mobil terbang yang dibuat hingga mendapatkan penghargaan oleh Majalah Times sebagai penemuan terbaik 2010 adalah Terrafugia yang pada dasarnya adalah sebuah pesawat dengan 4 roda seperti mobil.
Tentu membutuhkan sebuah landasan pacu untuk terbang. Artinya, sebuah jalan panjaaaaang dan mulus tanpa hambatan agar Terrafugia dapat terbang, dan mendarat. Lalu apa bedanya dengan pesawat terbang capung?!

Inovasi Terbaru, Jepang Pamer Kereta Tercepat di Dunia by "Sekolah Internet"

Kereta api di Indonesia selalu saja diberitakan dalam media dalam keadaan kecelakaan atau keterlambatan. Anehnya berita ini sudah dianggap maklum oleh masyarakat Indonesia. Sampai saat ini keterlambatan adalah sesuatu yang menjadi prestasi yang sulit tergeserkan oleh perubahan, seharusnya negara ini belajar dari negeri Sakura yang terus berinovasi mengembangkan teknologi perkeretaapian super canggih. Jepang memang negara yang telah mengembangkan kelemahan menjadi peluang. Negara yang tadinya dihancurkan dengan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki itu menunjukkan kepada dunia bahwa itu bukanlah akhir dari segalanya. Ia bangkit menunjukkan kepada dunia, Jepang adalah negara yang memiliki kekuatan yang pantas untuk diperhitungkan. Hal ini ditunjukkan dengan inovasi terbaru mengembangkan kereta tercepat di dunia.
Jepang memamerkan kereta tercepat di dunia dengan kemampuan 310 mil/ jam, memanfaatkan gaya tarik magnetik. Teknologi ini mengurangi gesekan. Jalur kereta antara Tokyo dan Nagoya senilai 40 miliar poundsterling (Rp560 triliun) ini memanfaatkan teknologi baru dan bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang saat ini berusaha memperluas pemanfaatan jaringan kereta api nasional.

“Ini seperti meluncurkan roket ke luar angkasa. Meskipun mahal dan berisiko, jika berhasil maka teknologi ini akan menjadi bisnis sangat besar,” ujar analis keuangan Jepang, Masayuki Kubota.

Sebelumnya, pemerintahan Presiden Barack Obama mengusulkan sistem rel senilai 33 miliar poundsterling (Rp 462 triliun) untuk menghubungkan beberapa daerah perkotaan besar AS seperti Chicago ke St. Louis, Orlando ke Miami dan Portland menuju Seattle.

Sayangnya, Central Japan Railway mengalahkan Amerika. Teknologi baru yang menghubungkan Tokyo dan Nagoya, kota keempat terbesar di Jepang, ini berhasil melewati perjalanan 160 mil hanya dalam waktu 95 menit. Apalagi, kemampuan itu akan diperluas hingga Osaka. Central Japan Railway berharap jalur baru itu akan membujuk masyarakat memilih kereta daripada pesawat terbang. Apalagi, kereta ini mampu membawa lebih banyak penumpang dibandingkan United Continental, maskapai penerbangan terbesar di dunia.

Kapan ya Indonesia punya kereta api tercepat?, sepertinya masih panjang perjalanan yang harus di tempuh, itupun kalau terus bergerak. Indonesia memiliki SDM yang memadai untuk melakukan perubahan, tapi sayangnya dukungan terhadap generasi muda berprestasi masih sangat rendah....Sepertinya kita masih harus menunggu cukup lama, ....Tapi kita harus memiliki keyakinan " Kalau Jepang Bisa, Kita Juga Bisa".

Rabu, 23 Februari 2011

Yohanes Surya : Menuju Indonesia Genius by "Sekolah internet"

Prof. Yohanes Surya Ph.D

“If I have been able to see further,
it was only because I stood on the shoulders of Giants”.
Isaac Newton (1643-1727)


Apakah anak-anak Indonesia
setara kecerdasannya dengan anak-anak bangsa-bangsa maju di dunia? Kalau anda melihat deretan prestasi Prof. Yohanes Surya dan anak-anak asuhannya, jawabannya adalah, tidak. Samasekali tidak.

Anak-anak Indonesia lebih unggul, lebih cerdas, lebih genius dibanding anak-anak dari bangsa-bangsa lainnya, termasuk dari bangsa-bangsa maju!

Di bawah bimbingannya, anak-anak Indonesia berkali-kali merebut gelar juara berbagai olimpiade fisika dan sains dunia yang sangat bergengsi. Mereka bahkan mengalahkan anak-anak dari China, Amerika, Jerman, Inggris, India, Korea Selatan, Australia, dan Israel. Bangsa-bangsa itu yang masih mengira Indonesia adalah bangsa yang terbelakang akan terkejut karena Indonesia tidak hanya setara dengan mereka, tapi bahkan telah melampaui mereka.

Prof Yohanes Surya dan para anak didiknya yang istimewa, cerdas dan pantang menyerah, benar-benar membuat harum nama Indonesia di dunia.

Tiga tahun yang lalu, 2006, Republik Indonesia berhasil secara spektakuler merebut juara dunia Olimpiade Fisika Internasional ke 37 di Singapura, ”37th International Physics Olympiad”. Inilah Olimpiade Fisika terbesar sepanjang sejarah, diikuti para siswa paling cerdas dari 85 negara, dan kita berhasil menjuarainya!

Kita berhasil merebut total 4 Emas, dan 1 Perak, bahkan Jepang saja hanya dapat 3 Perunggu! Ini membuktikan bahwa anak-anak Indonesia tidak sejajar dengan anak-anak cerdas lain di dunia, kita adalah juara, pemenang, nomor 1, lebih hebat dari semua lainnya.

Dan baru-baru ini, April 2009, Indonesia berhasil lagi menjadi Juara Umum di International Conference of Young Scientists (ICYS) di Polandia, mengalahkan pelajar dari negara-negara maju seperti Jerman, Belanda, Amerika, dan Rusia! Total 6 Emas direbut anak-anak Indonesia dari berbagai bidang ilmu, sementara peserta-peserta dari negara maju hanya mampu dapat paling banyak 3 emas.

Tim IPhO 37, 2006, Singapura


Di Singapura 2006, seorang anak Indonesia asuhan Yohanes Surya berhasil menjadi ”The Absolute Winner”, juara dunia IPhO, yang terbaik mengalahkan 386 anak-anak paling cerdas di negaranya masing-masing. Saat itu, tidak ada yang menyangka Indonesia bisa mendapat medali apapun.

Tapi bukan hanya mendapat medali, anak-anak Indonesia justru mendominasi olimpiade sains bergengsi itu, dan merebut emas paling banyak. Benar-benar surprise yang spektakuler. Sang pemenang besar itu adalah Jonathan Mailoa, anak genius yang sekarang telah belajar di MIT, Massachusetts Institute of Technology.

Dan tidak itu saja. Yang juga mengejutkan adalah peserta termuda genius yang berhasil merebut medali perak. Dia masih kecil, baru SMP, dan kemenangannya membuat seluruh penonton dan perwakilan dari seluruh dunia tertegun dan takjub. Nama anak itu adalah Muhammad Firmansyah Kasim. Para wakil peserta terheran-heran, bagaimana anak sekecil ini bisa memecahkan persoalan fisika yang begitu kompleks, setara S-2 dan bahkan menjadi salahsatu juara? Firman memang bukan anak kecil biasa.

Tahn 2007, Firman kembali mencapai prestasi yang bahkan lebih spektakuler. Ia berhasil merebut emas di kejuaraan dunia “8th Asian Physics Olympiad (APhO)” di, Shanghai, China. Mengalahkan anak-anak terbaik China, di China, adalah sebuah prestasi yang heroik.

Saat itu dia masih kelas 1 SMA (SMA Athirah Makasar), sementara pesaing-pesaingnya, anak-anak terbaik dari seluruh dunia, terutama dari China (yang berpenduduk 1,3 milyar), kebanyakan sudah kelas tiga. Dari 5 anak yang berhasil merebut emas, 4 dari China, dan hanya satu yang dari luar China, yaitu dari Indonesia, Muhammad Firmansyah Kasim, dan dia pun bahkan adalah peserta paling muda.

Banyak juga anak-anak genius Indonesia justru datang dari daerah yang seringkali kita anggap sebagai daerah tertinggal, Papua. Ternyata dalam melahirkan manusia-manusia genius, mereka samasekali tidak tertinggal. Bahkan disana banyak anak-anak yang kecerdasannya tidak akan tertandingi oleh kebanyakan anak-anak paling cerdas di daerah-daerah lainnya.

Anak-anak genius itu adalah George Saa, Anike Bowaire, Andrey Awoitauw, Rudolf Surya Bonay, Jane Ansanay, Zacharias Viktor Kareth, dan masih banyak lainnya.


http://imperiumindonesia.blogspot.com/

BELAJAR DARI NEGARA PALING BERSIH & JUJUR by "Sekolah Internet"

"SELANDIA BARU, Bangsa Paling Bersih dan Jujur Di seluruh Planet Bumi"


Pernah lihat film “The Lord of The Rings” yang sangat dahsyat itu?
Trilogi “The Lord of The Rings” dibuat oleh sutradara Selandia Baru, Peter Jackson. Lokasi shootingnya yang sangat indah dan mistikal juga adalah di Selandia Baru. Negeri itu juga dikenal karena buah Kiwi-nya, yang sedikit berbulu di luarnya, dan dagingnya hijau cerah dengan rasa manis-manis asam segar.

Selandia Baru, ternyata juga adalah bangsa paling jujur di dunia. Mereka bahkan nyaris tidak pernah mendengar kata "korupsi". Di Selandia Baru, tidak ada orang yang mau mengambil apa yang bukan haknya, dan mereka samasekali tidak pernah punya pikiran seperti itu.

Kalau selama ini kita mengenal Singapura sebagai negara yang sangat bersih dan bebas korupsi, maka Selandia Baru lebih bersih lagi. Dalam ranking Transparancy Internasional 2009, index Selandia Baru adalah 9.4 (super bersih), nomor 2 adalah Denmark dengan 9.3, dan Singapura 9,2.

Indonesia, nilainya hanya 2,8 di tahun 2009 ini dan peringkatnya ada di level 111. Ini berarti ada perbaikan dari tahun sebelumnya yang nilainya cuma 2.6. Tapi Indonesia masih tetap sukses sebagai bangsa terkorup di dunia. Kita bahkan lebih korup dari Nigeria (106), Gambia (sama juga, 106), Gabon (106), Srilanka (97), Rwanda (89).

KENAPA YA?

Di Selandia Baru, mereka senang hidup jujur dan tidak ada orang yang mau mengambil yang bukan haknya. Kenapa bisa begitu? Mungkin bukan sekedar karena mereka "udah dari sononye" malu mengambil yang bukan haknya, tapi karena nilai-nilai kebaikan hati berhasil ditanamkan dengan baik.

Mereka bekerja dengan baik sehingga sukses, mereka mensyukuri hidup mereka, dan mereka berpikir bahwa hidup itu adalah untuk menjadi orang baik, dan memberi manfaat pada orang lain. Selain itu, sistemnya juga tertata sangat baik dan rapi sehingga tidak ada yang bisa, dan tidak ada yang perlu korupsi.

Jadi kenapa kita tidak belajar saja dari mereka?
Bangsa paling jujur di dunia?
Selamat hari Anti Korupsi.

Daftar Peringkat Bangsa Terbersih Transparancy Internasional 2009 :
(Bangsa dengan peringkat sama adalah yang dengan nilai yang sama)

1. Selandia Baru ... 9.4
2. Denmark ........ 9.3
3. Singapura ....... 9.2
3. Swedia .......... 9.2
5. Swiss ............ 9.0
6. Finlandia ........ 8.9
6. Belanda .......... 8.9
8. Australia ........ 8.7
8. Kanada .......... 8.7
8. Islandia .......... 8.7
11. Norwegia ....... 8.6
12. Hong Kong ..... 8.2
12. Luksemburg ... 8.2
14. Jerman ......... 8.0
14. Irlandia ......... 8.0
16. Austria ......... 7.9
17. Jepang ......... 7.7
17. Inggris .......... 7.7
19. Amerika ........ 7.5
20. Barbados ....... 7.4

39. Brunei .......... 5.5
39. Korea Selatan . 5.5
56. Malaysia ....... 4.5
56. Namibia ........ 4.5
69. Ghana .......... 3.9
79. China ........... 3.6
84. Thailand ....... 3.4

89. Lesotho ........ 3.3
89. Rwanda ........ 3.3
92. Vanuatu ........ 3.2
97. Srilanka ........ 3.1
99. Bosnia Herzegovina ... 3.0
99. Tonga .......... 3.0
99. Zambia ........ 3.0

106. Gabon ........ 2.9
106. Gambia ...... 2.9
106. Nigeria ....... 2.9

111. Indonesia .... 2.8
Indonesia adalah satu-satunya bangsa di dunia dimana pemburu koruptornya, pimpinan lembaga bernama KPK, bisa sempat dipenjarakan oleh komplotan koruptor.
Indonesia lebih bersih dari...

111. Kiribati ...... 2.8
111. Togo ......... 2.8
120. Ethiopia ..... 2.7


http://imperiumindonesia.blogspot.com/

Selasa, 22 Februari 2011

Website Itu Adalah Aset Bisnis by "Sekolah Internet"

Betulkah sebuah website itu adalah aset bisnis Anda? Mari kita lihat tentang definisi aset. Kata Robert T. Kiyosaki, aset adalah sesuatu yang menghasilkan uang dan masuk ke kantong Anda. Jika kita melihat definisi akunting, aset adalah sesuatu yang bernilai. Ada aset fisik dan aset non fisik. Artinya adalah, jika sebuah website yang Anda miliki memberikan arus kas ke kantong Anda, maka website Anda sebuah aset. Sebaliknya, jika malah menjadi beban, maka website Anda tidak bisa dianggap aset.

Lalu, website seperti apa yang bisa disebut aset?

Website yang bisa disebut aset bisnis adalah website yang memberikan tambahan nilai bagi bisnis Anda lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk membangun dan mengelola website. Website murah bisa saja tidak menjadi aset bagi bisnis Anda jika tidak memberikan manfaat apa pun. Misalnya website yang tidak teroptimasi SEO dan tidak meningkatkan atau memperkuat brand Anda. Jadi bukan dilihat dari harga pembuatannya, tetapi sejauh mana website tersebut memberikan nilai bagi bisnis Anda.

Website adalah aset bisnis jika mendatangkan pelanggan

Bagi Anda seroang pebisnis, pasti sudah memahami bagaimana kita harus mengeluarkan biaya untuk mendatangkan pelanggan. Jika sebuah website yang Anda buat mendatangkan tambahan pelanggan, artinya website Anda memberikan nilai bagi bisnis Anda. Anda bisa menghemat biaya mendatangkan pelanggan atau menambah jumlah pelanggan dengan penambahan biaya yang sedikit.

Bagaimana agar sebuah website bisa mendatangkan pelanggan?

  1. Website Anda sudah terindex oleh search engine (google, yahoo, dsb) sehingga isi website Anda ada di database search engine.
  2. Website Anda sudah teroptimasi dengan baik sehingga anggapan mesin pencari tepat atau sesuai dengan isi website Anda sebenarnya. Saat seseorang mencari informasi dengan kata kunci yang berkaitan dengan produk dan jasa Anda, maka website Andalah yang muncul di mesin pencari (google misalnya).
  3. Website Anda memiliki otoritas yang tinggi. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat sebuah website dengan desain profesional dan kualitas konten yang tinggi. Tujuannya ialah agar banyak website yang merujuk ke website Anda. Jika banyak website yang merujuk ke website Anda, artinya website Anda memiliki otoritas yang baik. Inilah yang akan menjadikan website Anda memiliki posisi tinggi di mata mesin pencari.

Website Adalah Aset Bisnis jika Memperkuat Brand Anda

Website bisa berperan sebagai kemasan bisnis, produk, dan jasa Anda di dunia maya. Seroang yang ahli dalam pemasaran tidak akan sembarangan membuat sebuah kemasan karena kemasan akan memberikan persepsi bagi produk kita. Jika persepsi yang ditimbulkan baik, maka akan berdampak positif bagi merk Anda. Anda bisa membedakan bagaimana kemasan produk yang memiliki kualitas dengan produk biasa.

Kita memang tidak membeli buku berdasarkan sampulnya, tetapi masyarakat pada umumnya masih melihat sesuatu dari kemasannya. Kemasan memberikan kesan pertama. Jika kesan pertama baik, selanjutnya bisa baik juga. Kita akan mengalami kesulitan atau usaha ekstra untuk mengubah kesan buruk menjadi kesan yang baik. Oleh karena itu, pastikan kita memberikan kesan pertama yang baik. Caranya ialah dengan membuat kemasan sebaik mungkin. Artinya ialah Anda membuat website dengan desain yang profesional, domain berbayar, dan hosting berbayar.

Desain yang profesional akan memperkuat brand Anda. Bagaimana pun, saat orang pertama kali membuka website, yang pertama dilihat adalah penampilan. Mereka juga akan melihat apakah Anda membuat website gratisan atau berbayar. Memang, kita bisa membuat website gratisan, lalu kenapa banyak orang yang membuat website berbayar? Itu demi nilai yang jauh lebih besar dibandingkan biaya yang dikeluarkan.

Kalau bisa gratis, kenapa harus bayar? Tentu saja ungkapan ini memang benar. Namun jangan lupa, jika Anda membuat website dengan hosting gratisan, domain gratisan, dan dengan desain gratisan, Anda sebenarnya harus membayar mahal untuk kehilangan kepercayaan dan kredibilitas. Jika pun Anda mendapatkannya, harus ada usaha lebih keras lagi untuk mendapatkan kepercayaan dan kredibilitas. Usaha keras inilah bayaran yang harus Anda lakukan.

Saya sudah membuat banyak website, baik yang gratisan maupun yang berbayar. Sudah terbukti bahwa yang berbayar memberikan nilai jauh lebih besar dibandingkan dengan yang berbayar.

Karena website itu adalah aset bisnis, maka biaya yang Anda keluarkan untuk membuat website yang profesional dan teroptimasi adalah sebuah investasi. Artinya Anda akan memetik manfaat dari website Anda cepat atau lambat.

Website Itu Aset Bisnis Jika Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Memiliki pelanggan adalah hal yang sulit dan memerlukan biaya. Oleh karena itu mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi sesuatu yang penting dalam bisnis. Salah satu caranya ialah dengan tetap menjalin hubungan baik dengan pelanggan melalui hadirnya sebuah website. Anda terus memberikan informasi atau update kepada pelanggan juga mendapatkan feedback dan input dari pelanggan. Pelanggan tidak akan merasa ditinggalkan dan akan tetap menjadi pelanggan setiap.

Membuat website yang interaktif adalah sebuah keharusan. Sekarang bukan jamannya lagi membuat website statis yang hanya satu arah. Orang mengatakan bahwa saat ini adalah jamannya website generasi ke dua atau dikenal dengan web 2. Salah satu ciri web 2 adalah website yang interaktif, terjadi komunikasi dua arah. Kabar baiknya saat ini sudah banyak software yang tinggal kita gunakan seperti wordpress.

Website itu adalah aset bisnis, jadi miliki sekarang juga.


http://www.globalprobisnis.com/

Senin, 21 Februari 2011

Internet Sehat Diakui Dunia Internasional by "Sekolah Internet"

BERINTERNET sehat dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat telah dilakukan Donny Budhi Utoyo, dengan meluncurkan program advokasi Internet Sehat.

Ide tersebut dicetuskannya ke publik tahun 2002. Dalam menyosialisasikan program tersebut, Ketua ICT Watch ini menggunakan sejumlah media baru yaitu Facebook, blog dan Crowdvine dengan menggabungkan kegiatan-kegiatan offline seperti workshop dan seminar.

Selain itu tersedia juga booklet panduan dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, merchandise hingga lomba blog sehat untuk meningkatkan kepedulian publik.

Internet Sehat yang diinisiasi serta dijalankan ICT Watch ini mengambil dua hal dari sudut pandang untuk mengatasi maraknya konten negatif di Internet.

Caranya dengan vaksinasi dan netralisasi. Dua materi terkait itu memberikan kiat bagaimana orangtua dan guru membantu anak dan muridnya menggunakan internet aman, nyaman dan bijak.

Adapun cara menetralisir dengan menginisiasi kompetisi Internet Sehat Blog Award, menggalang komunitas Internet Sehat di Facebook hingga membuat kompetisi Twitter berhadiah iPad.

''Kami biasanya mengadakan road show Internet Sehat ke sekolah-sekolah di seluruh pelosok Indonesia. Fokusnya pada sosialisasi programnya, misalnya dengan membantu anak sekolah atau guru membuat konten yang berisi informasi persiapan diri melakukan hal positif di dunia maya,'' jelas Donny ketika dihubungi mediaindonesia.com pada Selasa (4/1).

Diakui Internasional

Dalam memberantas konten pornografi di internet memang tidak mudah. Donny pun mengakui tidak bisa memaksa sebuah internet service provider (ISP) untuk menyaring konten pornografi.

Mantan dosen e-Business Universitas Bina Nusantara punya cara lain untuk membentengi anak-anak dari serangan pornografi lewat internet. Caranya dengan memperkenalkan program Internet Sehat pada 29 April 2002.
Donny pun mulai bergiat menyebarkan brosur dan mempromosikan situs resmi internet sehat.

''Saya titipkan brosur dan situs internet sehat kepada semua ISP di Indonesia. Di situs itu berisi informasi positif dan mendidik, sekaligus ada iklan imbauan moral tentang bahaya pornografi yang disebarkan ke berbagai warnet,'' ungkapnya.

Berkat keuletannya, Internet Sehat telah diakui internasional. Pengakuan internasional itu didapat ketika ia mengikuti workshop khusus bagi peneliti dan aktifis ICT se-Asia dalam lingkup OpenNet Initiative di Wawasan Open University, Penang, Malaysia pada pertengahan 2009.

Pada kegiatan tersebut Indonesian ICT for Partnership (ICT Watch) bersinergi dengan Universitas Gunadarma, untuk aktif berperan menyuarakan kepentingan dan keberhasilan Indonesia dalam workshop tersebut.

Setelah Donny mempresentasikan Internet Sehat ala Indonesia, sejumlah peneliti dan aktifis ICT dari Kanada, Amerika dan Inggris langsung meminta dikirimkan via email materi tersebut.

Untuk menjaga kemurnian Internet Sehat, ICT Watch sebagai pencetus awal nama, konsep dan ide Internet Sehat telah mendaftarkan diri secara resmi hak cipta dan hak merek penggunaan Internet Sehat ke Ditjen HaKI. Untuk berbagai penggunaan kata, istilah ataupun konten, ICT Watch menggunakan pendekatan creative common license, dengan lisensi Rp0 (nol rupiah). (*/OL-12)


http://www.mediaindonesia.com/

Pelajar SMP Ciptakan Game Online Bubble Ball by "Sekolah Internet"

NAMA Robert Nay seorang siswa kelas 8 di sekolah Spanyol Fork, Utah mulai mendunia. Temuannya berupa game bubble ball telah diunduh satu juta orang.

Setelah Mark Zuckerberg yang baru genap 26 tahun telah menjadi milyuner lantaran menemukan Facebook. Kini pesaingnya Robert Nay yang baru berusia 14 tahun telah menciptakan permainan Bubble Ball.

Aplikasi popular ciptaan Nay ini berupa serangkaian teka-teki yang menggiring pemain harus memandu bola, melalui kursus yang mereka manipulasi.

Saat Bubble Ball diluncurkan di iPhone pada 29 Desember 2010, dalam minggu pertama telah ada 1 juta pengguna yang mengunduhnya. Dan minggu lalu, Bubble Ball menjadi hit dalam aplikasi permainan di iPhone, mengalahkan Angry Birds.

Si kutu buku ini dalam wawancara dengan ABC News, tampil dengan jins dan setelan atas warna biru. Selera pakaiannya mirip pendiri Faceboook Zuckerberg.

Nay menceritakan tentang inovasinya itu. Dia menggunakan program yang disebut Corona dari Ansca Mobile untuk mengembangkan aplikasi. ''Dengan Corona, Anda dengan mudah dan cepat membuat aplikasi dalam hitungan jam. Tidak diperlukan bahasa pemrogaman Objective-C/Cocoa dam C++,'' jelas Nay yang hobi main piano, terompet, dan membaca buku fiksi ilmiah.

Pada awalnya Nay sempat mencoba pemrogaman standar Objective-C tool, lalu menjajal alat lain yaitu GameSalad. Namun dia tidak menyukai hasil keduanya. Akhirnya Nay kembali ke Corona. Nay pun harus menulis 4.000 baris kode pemrogaman untuk membuat Bubble Ball.

Keberhasilan Nay ini membuat sejumlah perusahaan mulai melirik anak-anak sekolah untuk lebih dekat ke teknologi. Google telah meluncurkan alat pengembang aplikasi yang disebut App Inventor, yang bisa digunakan untuk siswa SMP dan SMA.

Bahkan aplikasi sekarang ini dapat dikembangkan oleh siapa saja, seperti aplikasi Blogger dan Tumblr, tanpa harus mempunyai pengetahuan tentang bahasa kode HTML. (All Things Digital/*/OL-12)


http://www.mediaindonesia.com/

Iman Usman Pemenang Microsoft Bloggership 2011 by "Sekolah Internet"

IMAN Usman, 19 mahasiswa tahun kedua jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia, terpilih sebagai blogger muda Indonesia dalam ajang Microsoft Bloggership 2011.

Penghargaan ini diberikan setiap tahunnya bagi blogger muda yang berpikiran maju, terbuka, dan peduli terhadap isu edukasi. Di samping itu pemenang Microsoft Bloggership peduli terhadap pemanfaatan teknologi bagi peningkatan kualitas SDM dan pemberdayaan masyarakat.

''Menjadi penerima Microsoft Bloggership lebih dari sebuah prestise dan prestasi,'' ujar Iman, yang saat ini tengah berada di Philadelphia untuk mengikuti program Student Leaders on Religious Pluralism. Dia menambahkan kemenangan ini menjadi sebuah tanggung jawab sekaligus kesempatan belajar menginspirasi Indonesia.

Risman Adnan, Senior Developer Advisor Microsoft Indonesia menilai Iman memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, serta kemampuan berkomunikasi yang baik. ''Di atas itu semua, kami melihat Iman punya visi ke depan yang besar. Ia bisa menjadi corong perubahan.''

Iman Usman merupakan Presiden dan Pendiri International Future Leaders, sebuah organisasi non-profit untuk pemberdayaan pemuda dalam perubahan sosial. Ia juga merupakan penerima penghargaan Microsoft Bloggership termuda sejauh ini. Tahun ini, lima orang finalis terjaring dari sekitar 90 aplikasi yang masuk.

Dari lima finalis yang masuk, Iman dianggap terbaik. Enda Nasution selaku juri Microsoft Bloggership 2011 menilai para peserta yang usianya masih muda, telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat.

Tahun ini tema Bloggership adalah Saving Your Social Energy and Stay Connected. Blogger muda ditantang untuk menggunakan media sosial agar dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat.

''Kami ingin melihat berapa banyak waktu yang mereka habiskan di social media. Apa saja yang mereka lakukan, dan kontribusi apa yang bisa mereka berikan kepada komunitas/masyarakat dari waktu tersebut,'' ujar Risman Adnan.

Pemenang Microsoft Bloggership 2011 berhak menerima sebuah gadget, perjalanan ke berbagai provinsi di Indonesia bersama Microsoft Indonesia, dan menerima berbagai pelatihan bersertifikat dari Microsoft Indonesia.


http://www.mediaindonesia.com/

Minggu, 20 Februari 2011

PEACE ON EARTH! by "Sekolah Internet"

Pentingnya Kemajuan Teknologi, dalam Skala Galaktik
Ini mungkin adalah salahsatu pidato terpenting dalam sejarah sains. Ini pidato dari Profesor Michio Kaku, fisikawan Amerika keturunan Jepang yang sangat berpengaruh dan dikenal luas. Pidato ini menekankan pentingnya akselerasi ilmu pengetahuan manusia, termasuk eksplorasi luar angkasa, untuk menciptakan peradaban baru umat manusia yang lebih tinggi.


Michio Kaku, Civilization's Technological Level Speech.

Nikolai Kardashev, ilmuwan Rusia, membagi kemajuan teknologis peradaban menjadi 3 tingkat, Tipe 1, 2, dan 3 (Kardashev Scale). Tapi Michio Kaku masih menempatkan peradaban Bumi sebagai Tipe 0. Ini penjelasannya.

Peradaban Planet Tipe : 0
Peradaban di sebuah planet pada level ini berada di titik kritis. Banyak masalah yang dihadapi, seperti keterbatasan sumberdaya, keterbatasan sumber energi (yang terbatas hanya dari planet itu sendiri - minyak bumi), krisis ledakan penduduk, kerusakan ekologis, dan seterusnya.

Keterbatasan sumberdaya ini juga menyebabkan banyak masalah, dari kemiskinan sampai perang dan terorisme (efek dari “Uranium Barrier”). Peradaban level ini juga akan kesulitan menghadapi kemungkinan bahaya dari luar bumi, seperti asteroid, atau ledakan supernova (bahkan mungkin juga serangan dari “aliens”/ peradaban yang lebih maju).

Peradaban Planet Tipe : 1
Ini level peradaban yang lebih ideal. Disini peradaban itu sudah mampu mengendalikan planetnya. Dengan teknologi yang dimiliki mereka sepenuhnya mampu mengendalikan lautan, gunung api, bahkan cuaca, dan sudah
menjadikannya sebagai sumber energi utama.

Mereka bisa mencegah gempa bumi, ledakan gunung berapi, atau ombak berbahaya dari laut. Tidak ada lagi ancaman global warming atau datangnya jaman es baru. Permasalahan asteroid juga sudah bisa diatasi. Planetnya sudah menjadi tempat aman untuk ditinggali. Mereka juga bisa membangun kota-kota besar di tengah laut, tidak terbatas di darat saja. Di masa ini perjalanan luar angkasa sudah menjadi sesuatu yang biasa. Kolonisasi planet-planet terdekat mulai dilakukan.

Peradaban Planet Tipe : 2 (Stellar Civilization)
Mereka sudah tidak lagi memakai energi dari planetnya sendiri, tapi sudah mampu sepenuhnya mengeksploitasi energi raksasa dari Bintang yang ada di galaksi itu, Panas Matahari. Di saat ini peradaban itu sudah melakukan kolonisasi sampai ke planet-planet yang lebih jauh. Saat bumi terancam oleh sesuatu hal, bahkan bila akan terjadi Supernova, mereka sudah bisa mencegahnya atau bermigrasi ke planet lain.

Peradaban Planet Tipe : 3 (Galactic Civilization)
Di tahap ini sebuah peradaban tidak lagi hanya memanfaatkan matahari yang ada di galaksinya sendiri, tapi sudah memanfaatkan energi dari banyak matahari yang ada di banyak galaksi.

Level Kemajuan Teknologi Manusia, dan Perdamaian Bagi Seluruh Bumi

Kemajuan teknologi, pada akhirnya akan memungkinkan umat manusia mencapai level Keberadaan yang lebih tinggi, Tipe 1, 2, dan 3. Manusia akan mampu menghasilkan sumber energi yang sangat melimpah, dan jauh lebih aman bagi bumi. Hasilnya, kita nanti tidak perlu lagi berebut sumberdaya, tidak perlu lagi berperang. Kita juga tidak lagi perlu khawatir tentang bencana lingkungan yang sekarang mengancam bumi. Bumi, akan berubah menjadi tempat tinggal yang nyaman, dan damai. PEACE ON EARTH!

Teknologi angkasa luar, juga akan membantu manusia menemukan berbagai kemungkinan baru, yang bisa membuat hidup manusia lebih baik. Teknologi ini juga memungkinkan manusia menemukan peradaban lain yang lebih maju, yang mungkin bisa membantu manusia mengakselerasikan level peradabannya.

Bila manusia sudah mampu mencapai level 1, peradaban Bumi akan mengalami masa kedamaian sejati, kemakmuran yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah, dan lepas dari bahaya yang harus dihadapi peradaban Tipe 0.

Michio Kaku percaya, bahwa bila seluruh umat manusia bersatu dan benar-benar berusaha, sebuah Planet Bumi yang baru akan menjadi kenyataan dalam waktu 100 tahun..


Note : Semua negara maju di dunia, termasuk China dan India, sudah melakukan upaya-upaya riil untuk mengembangkan teknologi unggul, termasuk teknologi eksplorasi luar angkasa.



http://imperiumindonesia.blogspot.com/

KREARIFINDO Creative Solution

PhotobucketPhotobucket Photobucket
INILAH SEBAGIAN BISNIS ONLINE YANG SAYA KEMBANGKAN, BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN : DESAIN GRAFIS, DESAIN PRESENTASI, DESAIN KREATIF, DESAIN MULTIMEDIA, DLL. ATAU TRAINING MULTIMEDIA PRESENTASI, WORKSHOP PEMBUATAN BLOG KONTAK SAYA DI :
085880878417 atau YM : arif_jic@yahoo.co.id

DOWNLOAD MATERI

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

 
Design by Gerai Blog | Support Design by Desaingratis - Group Design | GERAI BLOG