Minggu, 30 Januari 2011

Korea Selatan Waspadai Kecanduan Internet! by "sekolah internet"

Koneksi internet di Indonesia yang tidak stabil dengan kecepatan konektivitas yang masih tergolong rendah saja sudah cukup membuat beberapa orang tidak dapat meninggalkan kursi komputer dan terus memandangi layar komputer mereka, baik itu sekadar mengakses situs jejaring sosial atau browsing. Anda bisa bayangkan, apa yang mungkin dihadapi oleh negara yang memiliki infrastruktur yang memungkinkan konektivitas internet yang cepat dan stabil serta fanatisme permainan game online yang tinggi? Maka Anda akan menemukan Korea Selatan, dan mengapa mereka semakin melihat internet sebagai ancaman.

Kementerian Budaya dan Keluarga Korea Selatan kini menghadapi masalah adiksi internet yang secara luas mulai meracuni kaum muda mereka. Dengan begitu banyaknya game online dan kualitas jaringan yang mampu dihadirkan, masalah adiksi memang menjadi sesuatu yang “lumrah” terjadi. Namun, jika sampai melupakan semua aktivitas lain sehari-hari? Ini mulai menjadi bahaya. Korea Selatan pernah mencatatkan kematian kaum mudanya karena kelelahan akibat aktivitas online yang terus-menerus tanpa istirahat sama sekali. Bahkan, ada kasus pasangan yang menelantarkan bayi mereka yang baru lahir hingga mati kelaparan karena mereka terlalu sibuk mengurus bayi virtual mereka di dunia online. Korea Selatan mulai mencari solusi lewat kejadian-kejadian naas ini.

Salah satu solusi yang dikemukakan adalah dengan memberlakukan “jam malam” untuk koneksi internet mereka. Anak-anak muda yang berusia di bawah 16 tahun tidak boleh melakukan akses internet dari pukul 00.00 hingga 06.00 pagi, untuk menjamin waktu istirahat mereka. Namun apakah strategi seperti ini akan berhasil? Saya pribadi meragukannya. Jika kita mengkategorikan perilaku seseorang sebagai “adiksi”, maka kita tahu bahwa mereka akan melakukan hal apapun untuk mendapatkan sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan mereka, dalam hal ini kebutuhan untuk terkoneksi internet.

Satu hal yang cukup membuat miris, jika Korea Selatan begitu peduli dengan kesehatan para kaum muda nya dan mulai mengkategorikan kebiasaan mereka sebagai adiksi yang membahayakan, mengapa Indonesia belum memikirkan hal yang serupa? Dengan pembangunan infrastruktur yang mulai berkembang, adiksi yang sama juga mulai dapat kita lihat di kaum muda kita dengan tanpa ada tindakan apapun. Bagaimana pendapat Anda? Atau jangan-jangan Anda termasuk salah satu di antaranya?

0 komentar:

Posting Komentar

KREARIFINDO Creative Solution

PhotobucketPhotobucket Photobucket
INILAH SEBAGIAN BISNIS ONLINE YANG SAYA KEMBANGKAN, BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN : DESAIN GRAFIS, DESAIN PRESENTASI, DESAIN KREATIF, DESAIN MULTIMEDIA, DLL. ATAU TRAINING MULTIMEDIA PRESENTASI, WORKSHOP PEMBUATAN BLOG KONTAK SAYA DI :
085880878417 atau YM : arif_jic@yahoo.co.id

DOWNLOAD MATERI

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

 
Design by Gerai Blog | Support Design by Desaingratis - Group Design | GERAI BLOG