Kamis, 10 Maret 2011

Nick Vujicic, Inspirasi membangkitkan by "Sekolah Internet"

Apakah anda menemukan dalam keseharian yang terlewatkan dihadapkan pada persoalan yang membuat hidup anda menjadi tidak semangat? merasa dunia ini tidak adil, kenapa kebahagiaan tidak berpihak kepada anda, atau sejuta pertanyaan yang bersumber dari perasaan mengeluh anda? kita selalu menemukan kejenuhan, kehilangan semangat, bahkan hampir putus asa menghadapi persoalan yang silih berganti, tanpa ada batas yang jelas kapan akan berakhir. Keluhan kita sebenarnya sebagai manusia, adalah hal yang wajar, ia menjadi tidak wajar kalau mengeluh kita terus menerus tanpa ada perubhan yang jelas. Cobalah kita belajar dari keadaan orang lain, bisa jadi selama ini kita selalu menengadakan pandangan ke atas, jarang melihat ke bawah. Sebenarnya kalau kita mau jujur, seharusnya yang jauh lebih mengembangkan potensi kita, manakala kita bisa selalu bersyukur atau berpikir positif.

Kali ini Sekolnet (Sekolah Internet) akan berbagi tentang kisah anak manusia yang terlahir dalam keadaaan yang relatif kekurangan. Ia dilahirkan tanpa memiliki kedua tangan dan kedua kaki layaknya kita yang dilahirkan dalam keadaan tercukupkan oleh kedua alat tersebut.

Terlahir sebagai seorang cacat dengan banyak kekurangan, ternyata tidak menghalangi seorang Nick Vujicic untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitarnya. Sempat depresi dan ingin bunuh diri diusia 8 tahun, namun kemudian dia sadar bahwa hidup harus dia syukuri, apapun keadaannya. Bisa jadi kita beranggapan untuk bangkit dan berdiri setelah berbaring adalah hal yang sangat mudah, tapi tidak dengan Nick kecil yang harus berlatih untuk berdiri tegak setelah berbaring membutuhkan atau mengulang-ulang lebih dari 100 kali baru berhasil. Seandainya ia putus asa dan mengeluh dengan keadaannya, niscaya kita tidak akan mendapatkan kisah yang menginspiratif ini. Sebagai manusia ia juga hampir saja putus asa, ia beranggapan Tuhan tidak adil, kenapa dirinya diciptakan tanpa kedua tangan dan kaki. Luar biasanya keadaan itu tidak berlangsung lama dan dia menukarnya dengan rasa syukur. Merubah kekrangan menjadi kelebihan, tantangan menjadi peluang bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Bisa jadi ia cacat secara fisik akan tetapi mentalnya luar biasa.

Kesulitan demi kesulitan yang ia hadapi menjadikan Nick berfikir untuk mandiri dan tidak ingin terlalu menggantungkan diri dengan orang lain. Dan pada akhirnya perlahan namun pasti,dia menjadi seorang motivator hebat yang mendunia, dan berhasil memotivasi jutaan orang di seluruh dunia untuk terus meraih mimpi. Nicholas James Vujicic (lahir 4 Desember 1982) adalah seorang yang cacat fisik dengan keadaan lahir tanpa kedua tangan dan kaki, seiring berjalannya waktu ia menjadi seorang pembicara motivasi dan Direktur organisasi nirlaba Hidup Tanpa Limbs. Lahir tanpa anggota badan karena gangguan Tetra-amelia langka, Vujicic harus hidup dengan kesulitan dan penderitaan sepanjang masa kecilnya.

Kehidupan awal

Anak pertama lahir dari sebuah keluarga Serbia , Nick Vujicic lahir di Brisbane, Australia dengan gangguan Tetra-amelia langka: tanpa kaki, hilang kedua lengan di tingkat bahu, dan tak berkaki tapi dengan dua kaki kecil, salah satu yang memiliki dua jari kaki. Hidupnya penuh dengan kesulitan dan kesulitan. Salah satunya yang dilarang oleh hukum negara bagian Victoria adalah menghadiri sekolah utama atau sekolah favorit karena cacat fisik, meskipun ia tidak mengalami gangguan mental. Ia belajar menulis dengan menggunakan dua jari-jari kaki di kaki kirinya,Dia juga belajar menggunakan komputer dan mengetik menggunakan "tumit dan kaki" metode (seperti diperlihatkan dalam pidatonya), melemparkan bola tenis, main drum pedal, menyisir rambutnya, sikat gigi, menjawab telepon, mencukur dan mendapatkan dirinya segelas air (juga ditunjukkan dalam pidato). Sebuah titik balik penting dalam hidupnya adalah ketika ibunya menunjukkan artikel surat kabar tentang seorang pria yang juga memiliki cacat fisik, dan ini memberikan pelajaran berharga pada dirinya bahwa masih banyak orang yang terlahir cacat di dunia ini dan bukan hanya dirinya.
Kehidupan Karir

Nick lulus dari universitas pada usia 21 dengan dua jurusan Akuntansi dan Keuangan Perencanaan. Ia memulai perjalanannya sebagai seorang pembicara motivasi, yang memfokuskan diri pada remaja agar berani menghadapi kehidupan. Ia berhasil menjadi motivator kelas dunia, keadaannya yang kekurangan memberikan motivasi kepada siapapun untuk bangkit dan melakukan tindakan yang positif. Nick Vujicic mempromosikan karyanya melalui acara televisi seperti The Oprah Winfrey Show dan juga dengan menulis. Buku pertamanya yang berjudul Hidup Tanpa Batas:. Inspirasi untuk ridiculously Good Life (Random House, 2010)






Sahabat Sekolnet, mari kita simak dialog berikut ini :
Kesaksian dan kisah nyata Nick

“Kondisi Tubuh Saya Adalah Karunia”


Suatu saat dalam hidup anda, pasti pernah kecewa pada Tuhan. Pernahkah anda berpikir untuk bunuh diri?

Waktu saya berusia 12 tahun, saya berniat untuk bunuh diri. Saya memang pergi ke sekolah, tapi hidup saya tidak ada di sekolah. Saya melihat diri saya tidak layak lagi untuk hidup… dan saya begitu menyesali keadaan diri saya… Tapi yang saya harapkan saat itu seseorang datang dan berkata semuanya akan baik-baik saja. Masalahnya jika orang mengatakan hal itu, maka saya akan katakan, “Bagaimana bisa, kamu tidak tahu pahitnya hidup dan masa depan saya. Yang membuat saya senang adalah memiliki orang tua dan saudara yang sangat mendukung saya. Saya selalu terbuka dengan mereka tentang hidup dan perjuangan saya.

Apakah anda pernah protes kepada Tuhan?

Tentu saja, khususnya pada saat saya berusia 7 sampai 9 tahun. Semua orang berkata bahwa Tuhan itu Adil. Setiap orang berkata bahwa Tuhan baik selamanya dan untuk selamanya Tuhan baik. Tapi saya tidak bisa mengatakan itu. Saya tidak dapat melihat keadilan Tuhan dalam hidup saya karena rasa sakit dan penderitaan yang saya alami. Saya tidak mengerti kenapa ini bisa terjadi atas diri saya. Rupanya Tuhan tahu kalau saya akan dilahirkan seperti ini dan saya pikir kalau Dia mengasihi saya, seperti kepada yang lainnya, kenapa Dia membiarkan saya dilahirkan seperti ini… dan juga, kalau Dia dapat melakukan segala sesuatu, mengasihi dan memperdulikan saya, lalu mengapa Dia tidak memberikan saya tangan dan kaki secara mujizat?

Untuk beberapa tahun saya marah pada Tuhan, tidak bicara kepadaNya dan tidak mau melakukan apapun untukNya, sebab dalam setiap keadaan membuat saya bertanya dimanakah Tuhan? Apakah Dia itu benar-benar ada? Apakah Dia mendengar doa kita? Pertanyaan-pertanyaan ini yang selalu terlintas dalam benak saya.

Kapan anda bisa menerima diri anda apa adanya?

Waktu saya berusia 8 tahun, saya mengalami depresi yang sangat berat. Dipenuhi oleh kemarahan saya terhadap Tuhan, membuat saya ingin menyerah dari hidup ini. Saya selalu bergantung pada orang lain, bahkan untuk mengambil segelas airpun saya tidak mampu. Jadi daripada saya membebani orang lain, lebih baik saya akhiri saja hidup saya. Saya tidak menemukan arti dan tujuan hidup saya…

Seperti tertulis dalam kitab suci, bahwa Tuhan memiliki harapan dan masa depan untuk kita, tapi saya sama sekali tidak meemukan harapan dan masa depan bagi hidup saya. Jadi seringkali saya tidak mengerti bagaimana saya bisa menikah, berkeluarga, hidup sepeti orang normal dan yang lainnya… dan sekalipun menikah, bagaimana saya bisa memegang tangan istri saya? Hal-hal inilah yang terjadi atas diri saya. Namun perubaan datang saat umur saya 13 tahun.

Tadinya saya berpikir bahwa saya adalah satu-satunya orang di dunia ini yang memiliki ketidakmampuan seperti ini. Lalu ibu saya menunjukkan sebuah koran yang memuat artikel tentang seseorang yang mampu mengatasi ketidakmampuannya sendiri. Dan itu membuka pikiran saya, bahwa mungkin saya bukan satu-satunya orang yang menderita. Saya mulai melihat ini sebagai berkah, dan saya melihat hidup saya bukan setengah kosong melainkan setengah penuh. Saya tidak tahu berapa penuh, tapi saya melihat kekurangan ini sebagai karunia.

Pernahkah anda berpikir untuk menikah?

Tentu saja

Menurut anda, mengapa orang mudah menyerah? Apa harapan anda jika mereka saat ini melihat anda?

Saya di sini bukan untuk memotivasi karena itu bersifat sementara, saya di sini untuk memberikan inspirasi, karena inspirasi itu bersifat kekal. Dan saya ingin orang mengingat saya waktu mereka melalui masa yang sukar. Saya ingin orang melihat hidup saya sebagai contoh dari kasih karunia Tuhan, supaya semua orang tahu bahwa saya memiliki harapan.

Sobat Sekolnet, tentu saja tulisan ini tidak bisa merangkai seluruh relung kehidupan Nick, tapi setidaknya bisa menjadi reperensi sumber inspirasi yang sobat sudah banyak mengkoleksinya. Kehidupan ini akan berubah jadi berkah kalau kita memaknainya dengan berfikir positif (positive thinking). Tuhan sesuai dengan prasangka hambanya, kalau dia mengatakan " KALAU DIA BISA , SAYA JUGA BISA " Maka Tuhan akan memberikan kemudahan dan pertolongannya. Semoga memberikan kemanfaatan dan dapat menginspirasi. (SEKOLNET : Sekolah Internet)


0 komentar:

Posting Komentar

KREARIFINDO Creative Solution

PhotobucketPhotobucket Photobucket
INILAH SEBAGIAN BISNIS ONLINE YANG SAYA KEMBANGKAN, BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN : DESAIN GRAFIS, DESAIN PRESENTASI, DESAIN KREATIF, DESAIN MULTIMEDIA, DLL. ATAU TRAINING MULTIMEDIA PRESENTASI, WORKSHOP PEMBUATAN BLOG KONTAK SAYA DI :
085880878417 atau YM : arif_jic@yahoo.co.id

DOWNLOAD MATERI

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

 
Design by Gerai Blog | Support Design by Desaingratis - Group Design | GERAI BLOG