Senin, 11 April 2011

KREATIFITAS, Lewat Gitar Bersenar 18 Raih Juara di Black Innovation Awards 2010

Sobat Sekolnet (Sekolah Internet), kreatifitas dapat menghantarkan seseorang menjadi sangat mulia, apalagi buah dari kreatifitas memberikan kemanfaatan untuk manusia dan alam semesta ini. Siapapun berhak untuk rakus terhadap kreatifitas, karena perbuatan itu bukan saja disarankan, tapi adalah sebuah keharusan bagi siapapun yang ingin bernilai guna. Dalam bidang apapun kreatifitas itu selalul dibutuhkan , karena tanpa adanya kreatifitas yang terjadi adalah sesuatu yang tidak menarik atau monoton dalam kehidupan. Keniscayaan perubahan adalah menjadi dasar seseorang untuk melakukan proses kreatif dan inovatif. Ayoo...sobat sekolnet (Sekolah Internet) kita terus menggali potensi kreatifitas yang sudah di anugerahkan oleh pencipta semesta alam ini. Dialah Sumber segala kreatifitas yang ada di muka bumi ini.

Anda pernah melihat gitar dengan senar hingga mencapai belasan buah? Bila belum, Anda patut melihat Loose Guitar buatan Yeremia Yordan Bijaksana. Berkat inovasi-nya, pemuda kelahiran Jakarta, 26 November 1986 ini berhasil menang di ajang kompetisi Black Innovation Awards (BIA) 2010 sebagai juara favorit.

“Gitar ini saya beri nama Yordan Loose Guitar. Sesuai dengan nama saya,” ujar nya. Loose Guitar atau mau gitar lepas adalah alat musik petik yang berfungsi sebagai alat tamba-han pada gitar akustik. Loose Guitar dapat dipasang dan dilepas pada sembarang gitar akustik untuk mengoptimalkan permainan gitar.

Pada Loose Guitar juga terdapat penambahan nada bas dan nada melodi yang umumnya tidak ada pada gitar biasa. “Ini seperti perpaduan antara gitar dan bas yang jadi satu dalam satu alat musik.” tutur anak ke-2 dari empat bersaudara dari pasangan Didin Setawan Asman dan Mariana Silvia Simatupang ini.

Jumlah senar yang ada di Loose Guitar berbeda dengan gitar pada umumnya. Jika pada gitar biasa jumlah senarnya hanya enam buah. Loose Guitar, senarnya berjumlah 18 buah yang terdiri dari enam senar bas, enam senar melodi dan enam senar standar. “Loose Guitar ini. saya menambahkan 12 senar lagi agar lebih mudah dalam memainkan nada-nada tinggi untuk bas dan melodi,” terang alumnus SMA Negeri 31 Jakarta.

Tak hanya itu, ada lagi yang lebih menarik selain perpaduan nada, yakni teknik memainkannya yang sedikit berbeda dari gitar biasa. “Sebenarnya dasar memainkan Loose guitar sama saja dengan gitar lainnya. Karena orang yang sudah bisa memainkan gitar biasa, tidak akan susah untuk mencoba Loose guitar ini, yang terpenting mengerti kunci bas dan kunci melodi saja,” papar pria yang bekerja sebagai musisi iklan dan guru les musik ini.

Proses pengerjaan membuat Loose Guitar ini, kala Yordan, memakan waktu lima bulan dan telah menghabiskan biaya sekitar Rp 2 juta-Rp 3 juta. “Sebenarnya sih harga bahan-bahannya murah. Tapi karena sering gagal sampai sepuluh kali, jadi ongkosnya makin banyak yang dikeluarin,” ucap pengagum musisi Erwin Gutawa ini.

Selain memenangkan total hadiah Rp 10 juta dari BIA, ia juga mendapat hikmah ketika sedang mengerjakan Loose Guitar untuk di kompetisikan. Ia jadi tambah dekat dan akrab dengan sang ayah. “Tadinya papi melarang saya untuk terjun ke dunia musik. Tapi Puji Tuhan, setelah melihat semangat saya untuk membual gitar ini. beliau jadi ikut membantu saya seperti dari segi dana dan support. Ini membuat kami makin dekat,” terangnya.

Kemahirannya bermain musik diperoleh Yordan dengan cara ortodidak. Boleh dibilang bakatnya di bidang musik mengalir darah sang kakek, Nasman yang merupakan seniman Bandung dan juga penyiar radio RRI di Bandung sewaktu zaman Penjajahan.

“Dulu papi melarang saya bermain musik karena beliau berpikir bahwa dengan menjadi musisi belum tentu hidupnya enak dan banyak duit. Yah, seperti hidup kakek dulu. Tapi kan sekarang jamannya sudah beda. Musisi lebih dihargai ketimbang jaman dulu,” ucapnya.



Sumber: Bataviase.co.id, Kick Andy


0 komentar:

Posting Komentar

KREARIFINDO Creative Solution

PhotobucketPhotobucket Photobucket
INILAH SEBAGIAN BISNIS ONLINE YANG SAYA KEMBANGKAN, BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN : DESAIN GRAFIS, DESAIN PRESENTASI, DESAIN KREATIF, DESAIN MULTIMEDIA, DLL. ATAU TRAINING MULTIMEDIA PRESENTASI, WORKSHOP PEMBUATAN BLOG KONTAK SAYA DI :
085880878417 atau YM : arif_jic@yahoo.co.id

DOWNLOAD MATERI

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

 
Design by Gerai Blog | Support Design by Desaingratis - Group Design | GERAI BLOG